Saatnya Membumikan Empat Pilar Kebangsaan

0
147
DISKUSI KEBANGSAAN: Suasana diskusi kebangsaan di Hotel Baru Indah, Gambiran, kemarin.

GAMBIRAN – Rasa nasionalisme hari ini semakin terdegradasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Khususnya di kalangan generasi muda Indonesia. Hal ini terungkap dalam sebuah diskusi kebangsaan di hotel Baru Indah, Gambiran, kemarin. Diskusi yang secara rutin dilakukan oleh Blambangan Community Institute (BCI) itu dihadiri oleh Dirjen Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri RI sebagai keynote speaker.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Diskusi bertajuk “Membincang Dinamika dan Aktualisasi wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Banyuwangi” itu disambut baik oleh Dirjen Kesbangpol RI guna menggugah kembali wawasan kebangsaan pada masyarakat khususnya generasi muda Indonesia.

Loading...

Selain dihadiri Dirjen Kes- bangpol RI, bertindak sebagai nara sumber Mantan Wakil Bupati Banyuwangi KH. Yusuf Nuris, SH, MH, serta Pembantu Rektor Untag Banyuwangi Drs. Subur Bachri, M.Si, dan dimoderatori Ketua PC PMII Banyuwangi Dalail Khoirot. “Budaya lokal yang saat ini menjadi salah satu pemersatu di antara umat sering ditinggalkan oleh generasi muda sekarang,” terang Gus Yus.

Generasi muda saat ini lebih memilih budaya-budaya barat yang kadang kala jauh dari nilai-nilai agama dan budaya ketimuran. “Ini sungguh ironis bagi kehidupan berbangsa dan bernegara” lanjut Gus Yus. Sementara itu, Subur lebih menekankan pada pilar-pilar wawasan kebangsaan yang sudah terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia.

“Kita harus memulai dari diri kita dan lingkungan kita membumikan empat pilar kebangsaan, yaitu pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945,” Papar Subur. Lebih lanjut, Subur menyampaikan bahwa empat pilar kebangsaan itu juga sudah mulai luntur di kehidupan kita sekarang ini.

Untuk itu perlu terus disosialisasikan lebih masif lagi. Direktur BCI, Dalilatus Sa’adah menyampaikan, bahwa kegiatan ini digelar sebagai hasil kerjasama antara Blambangan Community Institute dengan Ditjen Kesbangpol RI. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :