Sampai Hari Terakhir Baru 900 Orang Lunas

  • Bagikan

BANYUWANGI – Batas waktu pelunasan biaya haji sudah berakhir kemarin (30/6). Hingga batas akhir pelunasan, belum semua calon jamaah   haji (CJH) yang jumlahnya mencapai 1.026 orang itu melunasi biaya penyelenggaraan ibadah  haji (BPIH). Data terakhir, baru sekitar 900 CJH yang melunasi BPIH.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Banyuwangi, Muklis mengatakan, data tersebut masih sementara. Sebab, hingga berita ini ditulis petugas Kemenag Banyuwangi masih merakap data CJH yang sudah melunasi.

”Hari Senin kemarin masih sekitar 900-an CJH yang melunasi. Kalau yang sekarang (kemarin) masih belum kita rekap,” kata Muklis. Ada banyak alasan mengapa CJH belum melunasi BPIH, antara lain  karena masalah ekonomi, sakit, dan alasan lain.

”Alasan yang paling utama karena dana belum  siap,” terang Muklis. Muklis menambahkan, CJH yang telah melunasi biaya haji itu akan mengikuti cek kesehatan dan  manasik haji. Namun, jadwal cek kesehatan masih belum ada informasi dari pusat.

”Kalau manasik insya Allah pada bulan Syawal nanti. Untuk yang di KUA manasik sebanyak empat kali, sementara di kabupaten sebanyak dua kali,” tambahnya. Sementara itu, hingga kini jadwal pemberangkatan CJH masih belum jelas.

Pada tanggal 7 Juli nanti seluruh Kepala Kemenag se-Jawa Timur akan dikumpulkan di Surabaya. Mereka akan mengikuti qur’ah (pengundian) nomor urut pemberangkatan CJH per wilayah di Jatim. ”Tanggalnya masih belum ditentukan. Itu hanya pengundian nomor urut pemberangkatan,” pungkas  Muklis. (radar)

Baca :
Total 434 Rumah di Banyuwangi Terdampak Luapan Sungai Bagong
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: