Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Satu Desa Disediakan Satu Taman Posyandu

SOSIALISASI: Pelatihan kader Taman Posyandu di Aula Dispendik Banyuwangi kemarin.
SOSIALISASI: Pelatihan kader Taman Posyandu di Aula Dispendik Banyuwangi kemarin.

Puluhan Kader Diberi Pelatihan Khusus

BANYUWANGI-Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi melalui Pendidikan Nonformal Informal (PNFI) bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi melaksanakan pelatihan kader pos pelayanan terpadu (Posyandu), kemarin (12/12 ). Kegiatan yang dilaksanakan di aula Dispendik itu diikuti sedikitnya 80 kader posyandu. Para kader itu berasal dari Kecamatan Banyuwangi, Glagah, Giri, Kalipuro, dan Wongsorejo.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kader taman posyandu tentang layanan pendidikan dan pengasuhan di taman posyandu,’’ kata Ny. Ikrori Hudianto, ketua panitia pelatihan, kemarin. Kepala Dispendik Drs. Sulihtiyono, MPd melalui Kabid PNFI Drs. Suhud, AR menyambut baik pelatihan tersebut. Sebab dinilai bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Banyuwangi, terutama PAUD.

Pendidikan di PAUD merupakan awal yang menjadi fondasi anak dalam melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. “Merupakan usia emas yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak, terutama bagi dunia pendidikan,’’ cetus Suhud. Suhud menambahkan, tiap desa wajib memiliki taman posyandu. Kader posyandu harus mampu dan terampil melaksanakan penyuluhan pendidikan dan kesehatan.

Nah, taman posyandu itu merupakan sinergitas dari Dispendik, Dinas Kesehatan, BPPKB Kabupaten Banyuwangi, dan Badan Pemberdayaan Masyarakat. Sedangkan PKK Kabupaten Banyuwangi sebagai leading sector,’’ jelasnya. Pembukaan pelatihan kader taman posyandu kemarin dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi Hj. Dani Azwar Anas, Kasi PAUD Dispendik Provinsi Jawa Timur Totok, Kepala Dispendik Banyuwangi Drs. Sulihtiyono, MPd, dan Kepala BPPKB Kabupaten Banyuwangi Drs. Muhammad Pua Jua.

Tampak pula Ketua Dharma Wanita Kabupaten Banyuwangi Susi Slamet Karyono, Kabid PNFI Drs. Suhud AR, dan para undangan lain. Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis diserahkan Alat Peraga Edukatif (APE) kepada perwakilan peserta kader taman posyandu. “Semoga bantuan ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di PAUD dan penambahan ilmu untuk kader taman posyandu,’’ harap Dani Azwar Anas. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE