Sedekah Oksigen, Polresta Banyuwangi Tanam Pohon di Lokasi Rawan Bencana

0
481
Foto: suaraindonesia

BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi menggalakkan gerakan menanam pohon di sekitar lokasi bekas kebakaran hutan dan tanah gersang.

Dilansir dari suaraindonesia.co.id, selain mencegah terjadinya bencana alam, gerakan menanam pohon ini juga sebagai upaya melestarikan lingkungan dengan sedekah oksigen.

Gerakan menanam pohon dilakukan jajaran Polresta Banyuwangi dengan mengerahkan seluruh polsek jajaran. Penanaman pohon bisa dilakukan di sekitar lokasi rawan bencana maupun di lokasi yang gersang.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, sedekah oksigen yang sudah lebih dulu dicanangkan pemkab Banyuwangi harus terus digelorakan terus menerus.

“Ini dalam rangka menjaga kelestarian alam dan kelangsungan hidup makhluk hidup,” kata Kapolresta, Kamis (02/01/2020).

Penanaman pohon, kata Kapolresta, bisa menjadi salah satu solusi mengatasi bencana alam yang akhir-akhir ini kerap terjadi. Selain itu, dengan penanaman pohon tersebut diharapkan juga bisa menambah ketersediaan oksigen di bumi.

“Konservasi tanah dan air melalui penghijauan tidak bisa ditunda lagi. Bumi menghadapi ancaman bencana yang serius dan ini harus terus digalakkan,” jelas Kapolresta.

Diketahui, ancaman bencana yang akhir-akhir ini kerap terjadi seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, angin kencang, serta kebakaran hutan dan lahan. Salah satu pemicunya yakni cuaca ekstrem akibat pemanasan global yang saat ini terjadi.

“Salah satu lokasi yang kita tanam pohon ialah sekitar TWA Kawah Ijen yang beberapa waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” kata Kapolresta.

“Selain itu, juga di lahan-lahan gersang sekitar Mapolsek juga kita tanami pohon agar rindang dan menjadi sumber oksigen,” imbuhnya.

Tidak hanya sekedar menanam, para anggota kepolisian Polresta Banyuwangi juga diperintahkan untuk merawat dengan baik, agar pohon yang ditanam benar-benar tumbuh sampai besar.

Baca :
Truk Tronton Vs Dua Motor di Banyuwangi, Satu Tewas