Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Sejumlah Ruas Jalan Ditutup

Malam Tahun Baru Siapkan 690 Personel

BANYUWANGI – Mendekati momen malam tahun baru 2016, Polres Banyuwangi dan aparat keamanan lain sudah mempersiapkan antisipasi gangguan keamanan dan keamanan lalu lintas. Dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sedikitnya 690 personel keamanan gabungan diturunkan di Bumi Blambangan pada malam tahun baru nanti.

Personel pengamanan itu terdiri atas unsur organisasi kemasyarakatan (ormas), personel Linmas, TNI, dan Polri.  Agar perayaan tahun baru nanti benar-benar maksimal, polisi berencana menutup sejumlah akses menuju kota Banyuwangi.

Penutupan beberapa ruas jalur itu dilakukan karena adanya carfree night di malam tahun baru. Pengalihan rute kendaraan itu demi mengurangi penumpukan kendaraan yang diprediksi akan terjadi  saat pergantian tahun mendatang.

Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Pumama mengatakan, pada pengamanan tahun baru ada sekitar 690 personel gabungan yang akan melakukan pengamanan. Personel pengamanan itu merupakan gabungan dari berbagai unsur, seperti kepolisian, TNI, dan ormas.

“Kita berharap perayaan tahun baru berjalan lancar,” katanya. Kapolres Bastoni berharap konsentrasi massa di kota Banyuwangi berkurang. Hiburan tahun baru diharapkan disebar di beberapa lilik sehingga merata. Jika hiburan merata, maka masa tidak akan ke kota untuk merayakan malam tahun baru.

Selain berharap hiburan tahun baru merata di beberapa lokasi, polisi akan memberlakukan pengalihan arus selama tahun baru. Sejumlah jalan protokol di dalam kota dipastikan akan disterilkan dari kendaraan bermotor. Pengguna jalan dari arah selatan akan diarahkan ke kiri atau Jalan Kepiting hingga tembus simpang empat Lateng.

Pengguna jalan di Jalan Diponegoro akan diarahkan ke kiri. Pengendara dari simpang tiga Untag akan diarahkan ke Jalan Agus Salim. Pengendara dari arah utara atau Sukowidi akan dibelokkan ke Jalan Argopuro. Pengguna jalan yang melewati lalan Basuki Rahmat akan dibelokkan ke Jalan MH. Thamrin.

Dalam mendukung kegiatan car free night tersebut, ada beberapa kantong parkir yang telah disiapkan (data kantong parkir selengkapnya lihat grafis). Selebihnya, Kapolres Banyuwangi meminta agar masyarakat merayakan malam tahun baru dengan wajar.

Dia menyarankan agar pengendara tidak kebut-kebutan di jalan agar tidak mengganggu pengguna jalan. Terlebih lagi, warga dihimbau tidak menyalakan petasan dan bahan lain yang berpotensi mengganggu masyarakat. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE