Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Selamat Jalan Danlanal M. Nazif

sesrahHari Ini Sertijab, Letkol Laut (P) M. Nazif ke Kobangdikal, Penggantinya Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto

BANYUWANGI – Tongkat estafet Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi berganti hari ini, Kamis (20/12). Setahun sukses memegang komando Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) M. Nazif akan menempati pos barunya di Kobangdikal. Sementara pos baru Danlanal diisi Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto yang sebelumnya bertugas di Staf Ops Mabesal.

Serah terima jabatan (Serti jab) Danlanal dilakukan Kamis (20/12) hari ini di Halaman Pangkalan TNI Angkatan Laut. Direncanakan, Bupati Abdullah Azwar Anas beserta Forum Pimpinan Daerah akan hadir dalam acara serti jab ini. Selama bertugas di Banyuwangi, Danlanal Letkol Laut (P) M. Nazif berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Stabilitas keamanan perairan di seluruh wilayah Banyuwangi tak terlepas dari perannya.

Dia pun sukses menangkap dan menahan KM. Sumber Mas Murah beserta ABK yang terbukti melakukan pelanggaran penangkapan ikan menggunakan bom hingga memprosesnya ke ranah hukum. Tidak itu saja, Kapal asing MV. Executi ve Pride berbendera Singapura pun dia periksa karena dianggap masuk dan melanggar batas wilayah perairan Banyuwangi. Alumni AAL angkatan 38 tahun 1983 ini, selain dikenal tegas dalam memproses pelanggaran, juga sangat peduli terhadap masyarakat pesisir.

Seperti melakukan pembinaan terhadap masyarakat di daerah pesisir (Bendesir) dengan memberikan penyuluhan dan penerangan secara periodik tentang larangan-larangan dalam melakukan kegiatan penangkapan ikan, sekaligus membentuk dan melatih Tim SAR laut untuk menganti sipasi kerawanan penyeberangan yang terjadi di Selat Bali. Peran akti fnya bersinergi dengan program Pemkab Banyuwangi juga terlihat. Dimana, melalui karya bakti TNI AL bersama Pemkab Banyuwangi, brhasil membangun 71 unit rumah bagi masyarakat Desa Wongsorejo yang berada bawah digaris kemiskinan.

Saat Gunung Raung ‘batuk’, Letkol Laut (P) M. Nazib berada di depan memimpin pasukannya dengan mendirikan posko siaga bencana alam. Sukses lainnya adalah peran aktifnya dalam mendamaikan dan mencari solusi terhadap permasalahan nelayan andon yang rawan terjadi konflik. “Setahun memimpin Lanal Banyuwangi, banyak sekali kenangannya. Saya ti dak mungkin melupakannya. Masyarakat Banyuwangi dikenal heterogen dan ramah-ramah. Saya merasakan daerah ini akan lebih maju karena dipimpin oleh bupati yang memiliki visioner untuk memajukan daerahnya,” kata Letkol Laut (P) M. Nazif, yang pernah meraih tanda jasa SL. Keseti aan VIII dan SL. Dwidya Sistha itu. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE