Seni Barong Penuh Atraksi di Glagah

0
878

Peringatan HUT Jatim ke-70 Meriah

GLAGAII – Rangkaian peringatan hari ulang tahun Provinsi Jawa Timur yang ke-70 tahun kemarin diawali penampilan kesenian barong di lapangan Kecamatan Glagah, Banyuwangi, siang kemarin (24/10). Grup seni barong prejeng dari Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, tampil penuh atraksi akrobatik mendebarkan.

Sejak pukul 14.30 barong sudah mulai keluar dan menari di panggung di tengah lapangan Kecamatan Glagah. Dengan iringan gamelan khas, barong tersebut bergoyang mengikuti irama musik tradisional bertalu-talu.

Tidak lama, giliran jaranan buthho muncul dengan tarian dan atraksi.  Pemain seni jaranan itu adalah anak-anak yang didandan dengan wajah menyempai leak bali. Selaniutnya giliran sepasang penari yang menari bersama kelompok tari jaran goyang.

Penunjukan itu dilanjutkan dengan penampilan tari pitik-pitikan. Nah, salah satu pemain unjuk kebolehan dengan atraksi menyemburkan api lewat mulut. Acara terus berlanjut hingga malam hari ditutup penampilan janger humor dengan lakon Ontrang-Omrang Kutha Lalheng.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, M. Yanurato Bramuda, mengatakan pelaksanaan peringatan HUT Provinsi Jatim di Banyuwangi itu adalah sebuah penghargaan. Itu menunjukkan bahwa Banyuwangi adalah kabupaten yang cukup konsisten dalam menjaga kesenian dan kebudayaan.

Menurut Bramuda, seni janger sebagai acara penutup dalam peringatan itu adalah sebuah bukti penguatan budaya lokal. Sebab, seni janger saat ini terkesan menjadi seni yang mati suri. “Kita ucapkan selamat untuk Provinsi Jatim, semoga selalu berkembang menjadi yang terbaik di Indonesia, terutama dalam pelestarian seni dan budaya daerah.” ujarnya.

Acara HUT Provinsi Jatim tersebut dihadiri beberapa perwakilan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim III yang meliputi Kabupaten Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. (radar)

Baca :
Terlalu Nganan Pick Up Tubruk Mobil Grand Livina di Glagah