Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Separo Lolos Screening RSAH

separohRangkaian Aksi Sosial Operasi Gratis 1000 Duafa

BANYUWANGI-Screening peserta operasi gratis dilaksanakan di RS Al Huda (RSAH) selama empat hari berturutturut sejak 14 sampai 17 Januari 2013. Kegiatan screening itu tercatat diikuti 309 peserta. Dari jumlah tersebut terjaring 159 peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti operasi gratis. Rinciannya, pasien katarak 108 orang, hernia 40, enam pasien bibir sumbing, satu orang polidaktili (jari berlebih), dan empat pasien CTEV (kaki pengkor).

Beberapa peserta tidak lolos screening disebabkan beberapa hal. Di antaranya, peserta tidak terdiagnosa penyakit yang masuk kategori operasi aksi sosial. Kasus pasien tidak sesuai dengan indikasi medis yang disyaratkan sesuai kriteria operasi. Menurut dr. Indiati, MMRS, koordinator aksi sosial RSAH, berdasarkan data awal yang ada di panitia untuk lima kasus yang akan diagendakan dalam aksi sosial operasi gratis terdata 406 pendaftar. Dari jumlah tersebut, 97 peserta tidak dapat hadir pada waktu screening operasi gratis 1000 duafa.

“Yang tidak dapat hadir tersebut disebabkan nomor telepon tidak aktif saat dihubungi panitia. Ada juga yang menolak ikut aksi sosial dan ada yang merasa sudah sembuh,” papar Indiati. Ditambahkan, pada 21 sampai 26 Januari 2013 akan dilakukan screening kedua di RSAH. Tujuannya, untuk memberikan kesempatan kepada peserta yang belum sempat hadir pada screening pertama. Jadwal operasi katarak mulai 4 Februari 2013 jam 12.00 oleh dr. Yoan Affandy, SpM. Hernia mulai 4 Februari 2013 jam 21.00 oleh dr. Abdul Hanan, SpB dan CTEV oleh dr.Tito Sumarwoto SpOT.

Sedangkan, jadwal bibir sumbing dan polidaktili menyesuaikan jumlah peserta. “Peserta yang sudah dinyatakan lolos screening, kami harapkan menjaga kondisinya agar tetap sehat sampai operasi dilaksanakan,” pesan Indiati. Indiati menjelaskan,hasil screening akan disampaikan kepada pihak TNI dan Dinas Kesehatan Banyuwangi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai aksi sosial itu dapat menghubungi (0333) 842033 Ext. 317 atau dr. Indiati, MMRS di 08123482308. “Bisa juga langsung datang ke RS Al Huda, Bagian Instalasi Rawat Jalan, Jl. Raya Gambiran No. 225 Gambiran, Banyuwangi,” katanya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE