Siap Penuhi Kebutuhan Daging Unggas Lokal

0
386
SATUKAN MISI: Rapat koordinasi DPD Himpuli Banyuwangi di Dinas Peternakan kemarin.

BANYUWANGI – Selain potensi sapi yang sering digaungkan, ternyata Banyuwangi juga memiliki potensi unggas. Dewan Perwakilan Daerah Himpunan Peternak Unggas lokal Indonesia (DPD Himpuli) menyatakan akan memenuhi kebutuhan daging unggas di tahun 2015 mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selama ini, unggas lokal kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah dan pemerintah provinsi.  Padahal, populasi unggas lokal terbesar di Indonesia berada di Jawa Timur (Jatim). Populasi unggas Jatim mencapai 30 persen dari populasi nasional.

Banyuwangi memiliki andil yang cukup besar di Jatim. “Kita harapkan ada perhatian lebih. Sebab, di sektor peternakan unggas, kita memiliki potensi yang cukup,” ujar Ketua DPD Himpuli Banyuwangi, Mujiono, kemarin (26/3). Kelebihan unggas lokal adalah lebih aman dari berbagai penyakit.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak perlu mengimpor daging unggas. Sebab, unggas di Banyuwangi cukup memiliki potensi. Kesehatan unggas di Banyuwangi juga dapat diunggulkan. “Kita harapkan para peternak unggas memiliki kemauan untuk lebih maju. Sebab, kita sebenarnya memiliki potensi yang cukup bagus,” imbuh Mujiono dalam rapat koordinasi Himpuli di Dinas Peternakan Banyuwangi kemarin.

Loading...

Mujiono menambahkan, upaya peningkatan kualitas unggas lokal tidak semata-mata bertujuan untuk memenuhi kebutuhan daging. Tetapi, juga bertujuan melestarikan unggas lokal, yaitu ayam dan itik lokal. “Selama ini kita kurang mendapatkan perhatian. Dengan adanya telur dan unggas dari luar wilayah, tentu kita sangat keberatan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2