Siapkan Lokasi Pengungsian

0
385
LOKASI: Lapangan Desa Sragi di Kecamatan Songgon ini dijadikan tempat evakuasi warga jika sewaktuwaktu Gunung Raung meletus.
LOKASI: Lapangan Desa Sragi di Kecamatan Songgon ini dijadikan tempat evakuasi warga jika sewaktuwaktu Gunung Raung meletus.

SONGGON – Aktivitas Gunung Raung masih terus berlanjut hingga kemarin (26/10). Status gunung setinggi 3.332 meter itu masih tetap siaga (level III). Karena itu, pemerintah Kecamatan Songgon sudah menyiapkan skenario pengungsian lebih dini.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Desa Sumberarum di Kecamatan Songgon menjadi prioritas jika sewaktu- waktu gunung berapi terbesar se- Pulau Jawa itu meletus. Sebab, pemukiman desa tersebut termasuk paling dekat dengan puncak gunung yakni jaraknya sekitar 14 kilometer.

Rencana itu hasil kesimpulan dalam pertemuan tiga pilar kecamatan dengan perangkat desa Sumberarum Kamis lalu (25/10). ‘’Menyusul penetapan status gunung siaga, kita juga antisipasi segala kemungkinan buruk,’’ ujar Kapolsek Songgon, AKP Ali Ashari kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin.

Loading...

Menurut Kapolsek Ali, ada beberapa poin penting agar skenario berjalan dengan lancar. Antara lain, dengan menyiapkan titik kumpul warga, persiapan kendaraan, hingga pembagian lokasi kendaraan. ‘’Pendataan penduduk juga kita lakukan,’’ katanya. Selain itu, kata Ali, pihaknya juga membahas masalah rute saat terjadi pengungsian.

Penentuan rute, tanda rute, sampai titik kumpul akhir kita sikapi bersama. Untuk sementara, lokasi pengungsian ada di Lapangan Desa Sragi,’’ katanya Meski begitu, lokasi itu bisa berubah tergantung dengan situasi di lapangan. Jika tidak memungkinkan, maka harus dipindah di lokasi lain. ‘’Intinya, tempat mengungsi itu berada di jalur aman dan kita rencanakan mulai sekarang,’’ tegasnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2