Siapkan Pramuwisata Lokal Berlisensi

0
306
OPTIMALKAN PARIWISATA: Peserta pendidikan dan pelatihan pramuwisata muda melahap materi kepariwisataan di Mahkota Plengkung kemarin.

BANYUWANGI – Upaya mengoptimalkan potensi wisata di Banyuwangi terus dilakukan berbagai elemen terkait. Salah satunya dengan menyiapkan pramuwisata yang kompeten.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Merekalah yang diharapkan menjadi garda terdepan untuk menyampaikan pariwisata andalan Bumi Blambangan. Sehingga eksotisme kabupaten berjuluk Sunrise of Java itu semakin dikenal di tingkat nasional hingga mancanegara.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi menggelar pendidikan dan pelatihan pramuwisata muda kemarin (22/10). Kegiatan yang bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tersebut diikuti oleh 40 orang yang berasal dari seantero Banyuwangi.

Kepala Disbudpar, Suprayogi mengatakan, rata-rata jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Banyuwangi mencapai 40 ribu orang per tahun. Sedangkan kunjungan wisatawan domestik mencapai 600 ribu orang dalam setahun.

Sayangnya, besarnya tingkat kunjungan wisatawan tersebut tidak diimbangi dengan jumlah guide lokal yang berlisensi. Padahal, potensi pariwisata di Banyuwangi pasti akan lebih tereksplorasi jika ratusan ribu wisatawan tersebut dipandu oleh guide lokal yang notabene lebih tahu kebudayaan dan tradisi masyarakat setempat.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Angka Perceraian di Banyuwangi Lahirkan Ratusan Janda Baru Setiap Bulan