Stok Darah hanya Cukup untuk Sehari

0
182

BANYUWANGI- Stok darah yang dimiliki Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Banyuwangi kian menipis. Hal itu disebabkan banyaknya permintaan darah dan tidak diimbangi pasokan darah yang memadai.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Humas UDD PMI Banyuwangi, M. Hadianto mengatakan, stok masing-masing golongan darah menipis kemarin (27/6). Rinciannya, darah golongan A sebanyak 16 kantong, dan darah golongan B 12 kantong. Stok darah golongan AB dan O lebih memprihatinkan lagi, yakni masing-masing hanya lima kantong.

Loading...

Padahal, Menurut Hadianto, sejak pukul 07.00 sampai pukul 14.00 kemarin, jumlah permin-taan darah di UDD PMI Banyuwangi mencapai 17 kantong. Karena itu, stok darah di UDD PMI Banyuwangi diperkirakan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari. “Permintaan (darah) banyak, tapi pendonor malah berkurang.

Saat ini stok darah yang ada di kami menipis. Mungkin digunakan untuk memenuhi kebutuhan darah sehari sudah habis,” ujarnya. Hadianto mengimbau masyarakat agar melakukan donor darah di tempat-tempat yang sudah disediakan, seperti kantor cabang PMI, Jalan Kartini, Banyuwangi, atau di beberapa unit mobil transfusi darah keliling. (radar)

Loading...