Stok Ikan di Pasaran Melimpah

0
426

SEMENTARA itu, harga ikan di Pasar Banyuwangi beberapa hari terakhir terus mengalami penurunan. Beberapa pedagang menyebut penurunan tersebut akibat stok ikan yang melimpah. Seperti harga ikan tongkol, kini dibanderol Rp 10 ribu per kilogram. Padahal, beberapa hari yang lalu harga ikan tersebut mencapai Rp 11.500 per kilogram.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hal yang sama juga dialami oleh ikan mernying. Jenis ikan yang sering dijadikan pepes ini berada di kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 11 ribu per kilogram. Beberapa hari yang lalu, harga ikan tersebut mencapai Rp 13 ribu per kilogram.

Namun, penurunan harga ikan tersebut tidak dialami oleh ikan jenis Lemuru. Jenis ikan yang satu ini berada di kisaran angka Rp 3.000 hingga Rp 5.000 rupiah. “Harganya stabil, misalnya naik atau pun turun tidak terlalu banyak,” ujar Sugiyati, seorang pedagang ikan.

Sementara itu, untuk harga cumi tidak mengikuti tren penurunan harga. Jenis ikan itu dibanderol Rp 27 ribu per kilogram. Harga tersebut cukup stabil beberapa hari terakhir ini. “Tidak berubah, mungkin sudah satu  minggu,” imbuh Sugiyati.

Begitu halnya dengan udang, yang tidak mengalami perubahan harga. Sejak beberapa hari yang lalu, jenis ikan yang banyak digemari oleh masyarakat itu berada di kisaran harga Rp 35 ribu per kilogram. “Untuk harga udang tidak banyak berubah,” cetusnya.

Penurunan harga yang dialami beberapa jenis ikan ternyata tidak serta merta membuat konsumen meningkat. Beberapa pedagang mengaku jumlah pembeli tidak ada perubahan. “Jumlah pembeli biasa, tidak ramai  ya tidak sepi,” imbuh
Yanto, pedagang lain. (radar)