Suhu Terpanas 30 Tahun Terakhir

0
385

BANYUWANGI – Fenomena cuaca mengejutkan melanda wilayah Banyuwangi selama sepekan terakhir. Sebagian besar warga, terutama yang tinggal di pusat kota dan sekitarnya, mengeluhkan panasnya suhu udara. Bahkan, saat malam hari pun suhu panas tersebut masih tetap dirasakan warga.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Berdasar catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara di Bumi Blambangan kali ini merupakan yang terpanas dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Prakirawan Stasiun Meteorologi Banyuwangi, Didik Nurbaskoro mengungkapkan, bulan Oktober 2012 ini suhu minimum di Banyuwangi mencapai 26 derajat Celcius.

Padahal, selama 30 tahun terakhir, suhu minimum di Bumi Blambangan pada bulan Oktober rata-rata hanya 22 derajat Celcius. “Artinya suhu minimum meningkat empat derajat Celcius Itu kan luar biasa. Itu yang mengakibatkan masyarakat merasa gerah,” jelasnya kemarin (16/10).

Beruntung, tren serupa tidak terjadi pada suhu maksimum. Di katakannya, suhu maksimum bulan Oktober ini masih tergolong normal, yakni di kisaran 35 derajat Celcius. “Fenomena suhu tinggi ini diprediksi baru akan berakhir pada November atau Desember mendatang.

Loading...

Tepatnya saat wilayah Banyuwangi mengalami musim hujan,” kata Gigik. Sementara itu, Banyuwangi saat ini sudah memasuki masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Nah, pada mu sim peralihan seperti saat ini, masyarakat diimbau mewaspadai potensi angin puting beliung.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2