Take Off Kloter 27 Mundur Dua Jam

0
222

takeSETELAH menempuh perjalanan tujuh jam lebih, akhirnya rombongan calon jamaah haji (CJH) Banyuwangi Subuh kemarin tiba di Surabaya. Rombongan yang terbagi dalam tiga kloter itu langsung menuju masjid Al-Akbar, Surabaya. Setelah menunaikan salat subuh dan istirahat satu jam lebih, rombongan yang diangkut puluhan bus bergerak menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Tepat pukul 06.00 tiba di pemondokan haji sementara itu.Atau dua jam mendahului jadwal yang sudah ditetapkan pengurus Sukolilo.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Rombongan CJH Banyuwangi, khususnya Kloter 27 top, hebat. Jadwal masuknya pukul 08.00, tapi sudah masuk pukul 06.00,” kata seorang panitia sambil acungkan jempolnya. Tiba di asrama haji, CJH kota The Sunrise of Java tidak langsung istirahat. Mereka langsung digiring ke Aula Mina. Selain mendengarkan pengarahan, juga menyelesaikan proses administrasi. Juga pemeriksaan kesehatan ulang bagi jamaah yang sepuh. Juga tes urine bagi jamaah wanita yang masih muda usia. Tes urine itu untuk mengetahui apakah yang bersangkutan sedang hamil ataukah tidak. 

Sesuai ketentuan, CJH yang ketahuan hamil dilarang berangkat ke Tanah Suci. Setelah dua jam menjalani pemeriksaan berkas dan kesehatan, CJH dipersilakan masuk ke kamar penginapan yang sudah ditentukan. Setiap kamar diisi empat jamaah. Istirahat jamaah bertambah panjang. Sebab, jadwal penerbangan Kloter 27 menuju Madinah hari ini diundur dua jam. Pengumuman itu diperoleh para karom (ketua rombongan) dan karu (ketua regu) saat mengikuti rapat persiapan yang dipimpin panitia.

“Tidak ada penjelasan kenapa jadwal terbangnya ditunda,” ujar KH. Latif Harun, koordinator rombongan Kloter 27 dari KBIH Sabilillah Banyuwangi. Penundaan jam terbang itu disambut suka cita para CJH. Sebab, kalau pesawat Saudi Airlines yang mengangkut mereka berangkat tepat waktu, yakni pukul 08.20, mereka harus berkemas dari Sukolilo pukul 03.00. Sebaliknya, dengan ditunda jadwal take off ke pukul 10.20, jamaah bisa istirahat lebih panjang. 

Sebab, jadwal berangkat dari Sukolilo ke Bandara Juanda mundur menjadi pukul 05.20. Diperkirakan landing di bandara Madinah pukul 16.30 Waktu Saudi Arabia (WSA) atau pukul 20.30 WIB. “Alhamdulillah kita bisa salat subuh di sini (Sukolilo) dan sarapan,” kata Kusaeri, karu 1 Kloter 27. Namun, Kloter 26 CJH Banyuwangi berangkat dari Juanda menuju bandara Madinah se suai jadwal semula: pukul 06.20. (radar)

Loading...