Tebar Ribuan Benih Ikan Patin, Banyuwangi Rintis Wisata Rumah Apung Waduk Lecari

0
737

 

 


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Sebanyak 23.000 benih ikan patin ditebar di Waduk Lecari, Dusun Sumberejo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (1/5/2018) kemarin.

Penebaran benih ini untuk merintis Waduk Lecari, menjadi wisata apung, Indah Lecari. Penebaran benih ikan tersebut merupakan program restocking tebar ikan terkendali (barkanli).

“Nantinya waduk ini bisa dimanfaatkan menjadi sentra ikan patin,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo.

Hary mengatakan, konsep dari Wisata Indah Lecari ini adalah wisata terapung. Di tempat ini disiapkan perahu wisata, kerambah, kuliner warung tepi sungai, dan warung terapung dengan menu khas kuliner olahan ikan patin.

“Untuk kulinernya kami jadikan wisata waduk ini sebagai sentra ikan patin,” kata Hary.

Loading...

 

Wisatawan bisa berkeliling waduk dan melihat aktifitas masyarakat dengan menggunakan perahu. Setelah itu bisa mampir ke warung-warung terapung di sekitar waduk, untuk mencicipi kuliner ikan patin.

Di waduk tersebut juga disiapkan keramba-keramba ikan di sekitar sungai. Keramba merupakan salah satu tempat pemeliharaan ikan dengan mengoptimalkan manfaat perairan umum untuk budi daya ikan.

Keramba berupa bambu dengan ukuran yang bervariasi untuk digunakan sebagai tempat budi daya ikan. Untuk keramba dijadikan budidaya ikan koi, yang bisa dijadikan edukasi pada anak-anak.

“Saat ini sudah ada perahu wisata, dan warung terapung. Tapi memang belum sempurna, karena masih dalam rintisan,” kata Hari.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Banyuwangi itu mengatakan, dengan keberadaan Wisata Indah Lecari ini, kian melengkapi keberadaan sentra ikan tawar di Banyuwangi.

Sebelumnya Banyuwangi telah meresmikan sentra ikan gurami, di Kampung Gurami, Kecamatan Srono.

Selain itu, di Dusun Rejopuro, Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, menjadi sentra ikan nila. Kawasan Kecamatan Sempu dan sekitarnya dikenal sentra ikan lele, dan kawasan lainnya dengan sentra ikan yang berbeda-beda.

Hary mengatakan, ini bagian untuk menyukseskan program Gema Pamili (Gerakan Masyarakat Pangan Mina Lestari), sebuah program dari Pemkab Banyuwangi untuk menggencarkan pemanfaatan lahan pertanian ataupun lahan kosong untuk budidaya ikan air tawar.

Dengan program tersebut, diharapkan bisa memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat.

“Ini juga upaya menjaga stabilitas harga komoditas pangan pokok serta menurunkan jumlah daerah yang rentan terhadap rawan pangan,” katanya.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Kata kunci yang digunakan :