Tembus 350 Bus per Hari

0
357
LIBURAN: Penumpang di pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, kemarin didominasi kalangan pelajar rombongan study tour.
LIBURAN: Penumpang di pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, kemarin didominasikalangan pelajar rombongan study tour.
LIBURAN: Penumpang di pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, kemarin didominasi kalangan pelajar rombongan study tour.

KALIPURO – Lima hari jelang libur Natal 2012, aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Ketapang mulai merangkak naik. Kenaikan jumlah penumpang didominasi bus pariwisata yang membawa wisatawan yang akan berlibur ke Bali. Penumpang kendaraan keluarga, peningkatannya belum terlalu signifikan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Penumpang kendaraan keluarga mulai meningkat, tapi pertumbuhannya lamban dibanding bus pariwisata. “Bus pariwisata naik sekitar 10 persen dibanding hari-hari normal,” ujar Pemimpin Cabang PT ASDP Indonesia Ferry (IF) Ketapang, Waspada Heruwanto, melalui Manager Operasional Saharuddin Koto.

Loading...

Menurut Saharuddin, dalam sehari bus pariwisata yang menyeberang ke Bali berkisar 300 hingga 350 unit. Semua bus pariwisata yang menyeberang itu penuh wisatawanyang akan berlibur di Bali. Selain bus pariwisata, pe numpang lain yang mengalami lonjakan drastis adalah kendaraan barang. Peningkatan jumlah kendaraan barang sudah terjadi sejak awal Desember. Peningkatan kendaraan barang lebih besar daripada bus pariwisata.

Peningkatannya ber kisar 15 hingga 20 persen di banding hari-hari biasa. “Bebe rapa perusahaan seperti mengejar omzet tahun 2012 dengan melakukan pengiriman barang besar-besaran,” katanya. Pihak PT ASDP IF Ketapang, lonjakan penumpang jelang libur Natal tidak akan terlalu besar. Pada liburan hari raya umat Kristiani tersebut, lonjakan tetap ada tapi relatif kecil. Namun, pada liburan jelang tahun baru 2013 kemungkinan besar akan terjadi lonjakan signifikan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga akan memadati Bali untuk me rayakan pergantian tahun bersama keluarga. Mereka akan menyerbu Pulau  Bali jauh hari sebelum 1 Januari 2013. PT ASDP IF tetap mengimbau wisatawan yang akan ke Bali agar tidak menuju Bali secara bersamaan jelang pergantian tahun. Tujuannya, agar tidak terjadi antrean panjang yang menyebabkan warga lama menunggu di pelabuhan. “Semua sarana pendukung di pelabuhan sudah siap be ro perasi,” katanya. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2