Terus Memungut Sampah Agar Lingkungan Tak Kumuh

0
371
SAHABAT SAMPAH: Hariyadi mendorong gerobak di TPS Kelurahan Sobo.
SAHABAT SAMPAH: Hariyadi mendorong gerobak di TPS Kelurahan Sobo.

Tugas berat selalu diemban para petugas kebersihan setiap menjelang sampai perayaan Idul Fitri berakhir. Pemicunya, pada periode tersebut volume sampah yang dihasilkan setiap rumah tangga meningkat signifikan. S


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

-IGIT HARIYADI, Banyuwangi-

PAGI itu (26/8), seorang laki-laki tampak mencuci gerobak di tepi jalan Kepiting, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi. Meski warna kuningnya sudah cukup pudar, tetapi nyaris bisa dipastikan gerobak itu merupakan gerobak sampah. Ditemani rerimbunan daun pohon yang tumbuh di tepi jalan raya tersebut, laki-laki itu sesekali menoleh ke arah wartawan koran ini.

Maklum, sejak beberapa menit sebelumnya wartawan koran ini terus melihat aktivitas yang dia lakukan. Setelah mendekat dan mengajak laki-laki itu berkenalan, barulah diketahui bahwa laki-laki bernama Hariyadi, 46, tersebut merupakan salah satu petugas kebersihan yang sehari- hari bertugas memungut sampah di pemukiman warga Kelurahan Sobo dan sebagian Kelurahan Kebalenan.

Hariyadi mengungkapkan, dia harus rutin membersihkan gerobak yang sehari-hari dia gunakan untuk men- gangkut sampah tersebut. Sebab jika banyak sisa sampah yang menempel di bodi salah satu sarana dia mencari nafkah itu, dia sendiri akan risih. “Jangankan orang lain yang melihat. Saya sendiri juga risih kalau gerobak ini kotor. Apalagi sampai menimbulkan bau tidak sedap,” ungkapnya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last