Tidak Serahkan Berkas, Dua Parpol tak Diverifi kasi

0
319
VERIFIKASI FAKTUAL: Petugas dari KPUD melihat dokumen di sekretariat Partai Gerindra kemarin.

BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banyuwangi mulai melaksanakan verifi kasi faktual kemarin. Dalam verifikasi ini, para komisioner KPUD bersama tim mendatangi setiap kantor partai politik (parpol) yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Verifikasi faktual pada hari pertama, anggota KPUD mendatangi empat kantor parpol, yakni Partai Hanura, Partai Gerindra, PKB, dan PKBIB. “Karena waktu terbatas, maka di hari pertama ini hanya empat parpol yang kita verifikasi faktual,” cetus Irfan Hidayat, salah satu anggota KPUD Banyuwangi.

Menurut Irfan, dari 16 parpol yang lolos verifikasi dan bisa mengikuti Pemilu 2014 di Kabupaten Banyuwangi hanya 14 parpol. Dua parpol PDP dan PKPI, jelas dia, tidak menyerahkan berkas ke KPUD. “PDP dan PKPI tidak kita verifikasi faktual, karena pengurusnya tidak menyerahkan berkas,” katanya.

Verifikasi faktual yang digelar para komisioner KPUD Banyuwangi mulai dilaksanakan sekitar pukul 08.00. Pertama, mereka mendatangi kantor Partai Hanura yang berjarak sekitar 200 meter dari Kantor KPUD di Jalan Agus Salim, Banyuwangi. “Satu hari ini hanya empat parpol,” sebut Irfan. Verifikasi faktual, jelas dia, akan dilakukan selama tiga hari.

Loading...

Selain Jumat, verifikasi dilakukan hari ini dan Senin (5/11) nanti. Selama tiga hari akan melakukan verifikasi 14 parpol dengan cara mendatangi sekretariat masing-masing. “Ada beberapa materi dalam verifikasi faktual ini,” jelasnya. Materi yang akan diperiksa dalam kegiatan ini, lanjut dia, adalah pemeriksaan surat keputusan (SK) pengurus, terutama untuk ketua, sekretaris, dan bendahara. Selain itu, juga memeriksa keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2