Tiga Produk Jepang Berebut Pasar

0
341

BANYUWANGI – Persaingan penjualan tiga merek sepeda motor di Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo cukup ketat. Dua brand terkenal, yakni Honda dan Yamaha saling menempel ketat. Di belakangnya disusul Suzuki, yang berjuang tetap eksis, meski persentase penjualannya paling kecil di antara dua pesaing utamanya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Di Banyuwangi, market share di dominasi produk Honda pada tahun 2010 hingga 2011. Pada tahun 2010, persentase penjualan produk Honda mencapai 57,7 persen. Angka penjualannya terus terdongkrak hingga tahun 2011 menguasai 71, 4 persen pasar motor di Bumi Blambangan. Yamaha terus menempel ketat di belakang Honda. Pada tahun 2010, pasar yang dikuasai mencapai 32 persen.

Namun setahun kemudian merosot jadi 21,5 persen. Sisa pasar direbut Suzuki dengan persentase penjualan 3,9 persen pada tahun 2010 dan meningkat jadi 4,3 persen pada tahun berikutnya. Di Situbondo, Yamaha masih berjaya di pasaran. Persentase penjualan pada tahun 2010 tercatat 49,4 persen. Namun, angka persentasenya turun setahun kemudian menjadi 45,8 persen. Honda membuntutinya dengan menguasai persentase penjualan 36 persen di tahun 2010.

Setahun berikutnya, Honda sudah menyodok pasaran dengan merebut 43,9 persen transaksi. Di posisi ketiga, Suzuki setia mengejar dengan 7,2 persen di tahun 2010 dan 6,8 persen penjualan di tahun 2011. Nah, apa saja strategi pemasaran dan produk andalan yang diadu di tahun 2012 oleh tiga merek besar tersebut? Sebab, tantangan tahun ini lebih berat.

Kenaikan bahan bakar minyak (BBM) premium bakal menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai dalam pemasaran motor. Manager Sales Promotion PT. Mitra Pinasthika Mustika, Mac Aguste mengatakan, segmen matik Honda menguasai hampir semua jenis matik yang ada. Ini dilihat dari hasil penjualannya setiap bulan. Per bulan rata-rata penjualan Honda khususnya kelas matik mencapai 800 hingga 1.000 unit. “Posisi Honda tidak terkalahkan,” tegas Mac yakin, kemarin.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2