Tiket KA Ekonomi Ludes

0
367

BANYUWANGI – Pemesanan tiket kereta api (KA) kelas ekonomi sejak sepekan lalu membeludak. Tiket KA Sri Tanjung jurusan Banyuwangi-Jogjakarta dan KA Tawang Alun jurusan Banyuwangi-Malang sudah habis terjual hingga hari Minggu (20/5). Ternyata, bukan hanya tiket KA kelas ekonomi yang mengalami lonjakan pemesanan, tiket kelas bisnis dan eksekutif juga menunjukkan tanda-tanda yang sama. Hingga pukul 12.00 kemarin, tiket masing-masing KA komersial itu tinggal satu gerbong.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tingginya pemesanan tiket KA kelas ekonomi itu sudah terlihat sejak pekan lalu. Jumlah calon penumpang yang memesan tiket mengalami kenaikan cukup signifikan. “Mungkin ini karena ada long weekend (libur panjang) ya,” cetus Humas PT. KAI Daops IX, Gatut Setyatmoko. Menurut Gatut, meski tiket

KA kelas ekonomi sudah habis, manajemen PT. KAI belum berencana menambah gerbong, baik di KA Sri Tanjung maupun KA Tawang Alun. “Tiket kereta kelas ekonomi sudah habis hingga hari Minggu nanti, belum ada rencana penambangan gerbong,” katanya. KA Sri Tanjung jurusan Banyuwangi-Jogjakarta selama lima gerbong untuk penumpang, satu gerbong restorasi, satu gerbong barang, dan satu gerbong lagi untuk dinas. “Tawang Alun ada empat gerbong penumpang.

Loading...

Semua tiket sudah habis,” ungkapnya. Sesuai aturan yang telah dikeluarkan pihak manajemen PT KAI, sebut dia, tiket KA kelas ekonomi bisa dilayani sepekan sebelum calon penumpang berangkat. “Tiket habis melalui pemesanan itu,” jelasnya. Penjualan tiket, disesuaikan dengan jumlah kursi yang ada. Untuk KA kelas ekonomi, kini sudah tidak melayani lagi penumpang yang berdiri. “Untuk satu gerbong itu ada 106 kursi, jadi tiket yang dijual untuk satu gerbong ya 106 tiket itu,” paparnya.

Bagaimana dengan KA kelas bisnis dan eksekutif? Gatut menyebut KA Mutiara dengan jurusan Banyuwangi-Surabaya itu, juga mengalami pelonjakan penumpang pada liburan panjang kali ini. “Siang ini (kemarin siang) masih tersedia satu gerbong, tidak tahu nanti sore,” katanya. Untuk KA Mutiara ini, disediakan tiga gerbong untuk penumpang. Sedang untuk kelas eksekutif, ada empat gerbong penumpang. Pada rangkaian KA itu, juga ada satu gerbong untuk restorasi, satu gerbong barang, dan satu gerbong lagi untuk dinas. “Tren kenaikan penumpang sudah terlihat sejak Rabu,” ungkap Gatot. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2