Tindakan Terpuji Para Pengamen

0
396

INI peristiwa yang patut mendapat apresiasi. Demi menjaga nama baik pengamen jalanan, beberapa pengamen nekat menangkap teman sprofesinya yang terlibat kejahatan. Tindakan terpuji itu terjadi di perempatan lampu merah Desa Maron, Kecamatan Genteng, kemarin. Para pengamen tersebut menangkap seorang pengamen asal Dusun Krajan, Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, bernama Roni Jaya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dia dianggap dapat merusak citra para pengamen, karena terlibat aksi pembobolan toko di Pasar Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru. Bahkan, aksi penangkapan itu tidak mereka lakukan sendiri. Melainkan bersama-sama dengan aparat kepolisian. Apa yang dilakukan para pengamen di Genteng itu perlu ditiru oleh pengamen-pengamen lain yang mangkal di tempat-tempat lain. Sebab, pengamen adalah sebuah profesi yang bisa mengasilkan uang dengan cara menjual suara.

Loading...

Profesi ini mirip dengan seorang penyanyi yang juga menjual suaranya ke khalayak. Bedanya, pengamen biasanya menjajakan suaranya di perempatan-perempatan atau dari rumah ke rumah, namun kalai artis bisanya mereka menjual suaranya di panggung-panggung hiburan, kaset, dan televisi. Nah, jika profesi ini dinodai dengan perilaku jahat dari oknum-oknum pengamen, maka citra pengamen akan rusak di mata masyarakat.

Saat ini saja, pengamen seringkali dikaitkan dengan perilaku negatif. Seperti dekat dengan kriminalitas, pemabuk, pecandu narkoba, perokok, dan lain-lain. Tentu saja anggapan seperti ini tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya salah. Karena itu, untuk menjaga “nama baik” pengamen, seluruh pengamen harus bersatu padu untuk memerangi para pengamen yang sering berlaku jahat.

Tidak saja memerangi pelaku kejahatan besar seperti yang dilakukan Roni Jaya yang membobol sebuah toko, tetapi juga ikut menjauhi kejahatan kecil seperti menggedor-gedor pintu mobil, memaksa orang memberi uang, mabuk-mabukan, dan menjadi pecandu narkoba. Alangkah terhormatnya profesi pengamen jika para pengamen sendiri dapat melakukan tindakan sangat terpuji. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2