TKI Asal Taiwan Langsung Dikarantina

  • Bagikan
Foto: Radar Banyuwangi – Jawa Pos

BANYUWANGI – Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru datang dari negara tempatnya bekerja di Taiwan, langsung dikarantina oleh Pemerintah Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (12/4/2020) sore.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, TKI yang kini harus menjalani isolasi diri selama 14 hari itu Titin lsmiyati (31) warga Dusun Sumberjo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi.

Titin lsmiyati di jemput langsung oleh Kepala Desa (Kades) Kepundungan Tri Marvilla Sukmana, bekerjasama dengan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Banyuwangi.

“TKI ini baru pulang dari Taiwan, sekarang menjalani karantina mandiri,” kata Kades Kepundungan Tri Marvilla Sukmana.

Villa mengatakan, warganya yang bekerja di Taiwan itu tiba di desanya sekitar pukul 16.30. Saat datang, tidak langsung ke rumahnya, tapi dibawa ke rumah isolasi yang sudah disiapkan pemerintah desa.

“Kita karantina agar tidak kontak langung dengan keluarga,” imbuhnya.

Menurutnya, rumah isolasi yang ditempati TKI itu sudah disterilkan dengan disemprot disinfektan. Selain itu, TKI yang baru datang ilu juga dicek suhu tubuhnya.

“Kita sudah cek suhu tubuhnya normal, rumah isolasi tersebut juga sudah steril,” cetusnya.

Villa mengatakan, isolasi mandiri yang dilakukan pada warga yang baru datang dari luar negeri ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Ini untuk pencegahan dan memutus mata rantai virus Covid-l9,” dalihnya.

TKI itu, lanjut Villa, akan dikarantina selama 14 hari. Selama menjalani karantina itu, akan diperiksa oleh petugas medis. Untuk kebutuhan sehari-hari, sudah ditanggung oleh pemerintah desa.

“Selama isolasi tidak boleh keluar rumah agar tidak kontak dengan orang lain, kebutuhannya kita cukupi,” ungkapnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: