Tour de Java sebelum Berlaga

0
509

BANYUWANGI – Mobil listrik bertenaga surya karya anak bangsa yang  dinamai Widya Wahana V kemarin (20/8) singgah di Banyuwangi kemarin. Kendaraan kreasi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November  (ITS) itu adalah prototipe mobil yang menggunakan cahaya matahari dan listrik sebagai energi penggerak mesin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ketika singgah di Banyuwangi, mobil listrik itu sedang dalam rangka uji coba melalui program Tour de Jawa-Bali untuk melihat ketangguhan mesinnya. Dengan jarak total 1.250 kilometer; Widya Wahana V berangkat dari Jakarta melewati Semarang, Surabaya dan Banyuwangi sebelum finis di Denpasar, Bali.

Manajer ITS Solar Car Racing Tim, Aufar Nugraha mengatakan, mobil yang dibawanya itu adalah generasi ke lima dari seri pertama, yaitu Widya Wahana l yang dibuat pada tahun 1935. Rencananya, mobil dengan berat 150 kilogram itu akan diikutkan pada ajang World Solar Chalenge 2015 di Australia pada Oktober mendatang.

Loading...

Dengan anggota tim yang terdiri atas 20 mahasiswa dari berbagai jurusan, seperti teknik elektro, fisika, dan teknik perkapalan, Aufar optimistis Widya Wahana V bisa berbicara di ajang tersebut. Sehingga. nanti akan dapat menjadi salah satu produk transportasi alternatif yang tidak tergantung pada energi fosil.

“Generasi sebelumnya sempat beberapa kali gagal, jadi tidak bisa ditampilkan. Baru yang generasi IV dan V ini yang cukup sukses,” ujarnya. Mobil listrik itu mampu dikebut hingga kecepatan maksimal 150 kilometer per jam. Dengan satu kali carge, Aufar menambahkan, mobil bermodel cruiser class itu dapat menempuh jarak sampai 700 kilometer.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2