Tradisi Bersih Kampung dengan Paju Gandrung

0
796

SINGOJURUH – Warga Dusun Padang Bulan, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, punya cara sendiri dalam melaksanakan bersih kampung. Warga yang tinggal di sekitar eks lokalisasi Sumber Loh itu menggelar paju gandrung pada Kamis malam lalu (22/10).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam acara yang juga dilaksanakan untuk  memperingati tahun baru Hijriah itu dilaksanakan  pengajian umum dan santunan anak yatim. “Ini tradisi tahunan yang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Dilaksanakan setiap bulan Suro,” ujar Sulistiyono, 43, tokoh  masyarakat Dusun Padang Bulan.

Loading...

Paju Gandrung, terang Sulistiyono, bagian dari tradisi yang selalu dilaksanakan dalam bersih kampung. Bila tidak digelar, kata dia, dalam setahun ke depan biasanya akan ada kejadian yang menimpa masyarakat. “Pernah tidak dilaksanakan paju gandrung, ada anak  tercebur kolam renang hingga meninggal  dunia, dan banyak juga kejadian lain,” katanya.

Karena sering muncul musibah, lanjut dia, warga sepakat menghidupkan kembali bersih dusun dengan ritual paju gandrung dan dirangkai  pengajian serta santunan yatim piatu. “Ini tradisi sekaligus bagian dari pelestarian seni dan budaya asli Banyuwangi,” dalihnya. (radar)