Truk Gandeng Nyungsep, Macet 6 Jam

0
156
BIANG KEMACETAN: Warga berkerumun di sekitar lokasi truk yang terguling di Desa Tulungrejo, Glenmore, kemarin.

GLENMORE- Sebuah truk gandeng bermuatan semen mengalami ke-celakaan di Jalan Raya Jember, tepat-nya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi pukul 03.00 itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Posisi bak truk yang melintang di badan jalan mengakibatkan jalan poros Banyuwangi-Jember macet total hingga enam jam. Truk yang disopiri Tamam, 46, warga Patrang, Jember, itu melaju dari arah barat ke timur. Sebelum kejadian, ada Suzuki Carry dari arah yang sama mendahului dengan cara zigzag.

Nah, melihat aksi cepat mobil Suzuki Carry, sopir yang mengangkut 40 ton semen tersebut kaget bukan kepalang. Setelah itu, sopir bersama kernet bernama Firmansyah, 20, mengerem mendadak. Usaha menghindari kecelakaan itu tidak membuahkan hasil.

Bahkan, bak truk paling belakang justru menyeruduk bak truk bagian depan. Dengan serudukan mendadak itu, sopir spontan banting setir ke kanan. Dengan kondisi aspal licin karena diguyur hujan, truk tersebut nyungsep ke tepi jalan. Parahnya, bak truk paling belakang terguling ke bahu jalan hingga menutup jalan, persis di barat Jembatan Kali Kempit.

Kemacetan pun tidak bisa terelakkan. Pasalnnya, gandengan truk yang men-gangkut beban berat tersebut sangat sulit dievakuasi. ’’Tadi ada mobil Carry mendahului saya. Saya kaget dan lang-sung mengerem mendadak,’’ ujar Taman kepada Jawa Pos Radar Banyuwangidi lokasi kejadian kemarin pagi. Dirinya melaju dengan kecepatan sedang.

Tetapi, karena tiba-tiba ada mobil lain yang mendahului kendaraan saya, saya mengerem mendadak. “Saya tidak mengantuk kok. Itu ada bekas rem di aspal. Alhamdulillah sayadan kernet nggak apa-apa,” jelasnya. Kanitlantas Polsek Genteng Ipda Sumono mengatakan, setelah menerima kabar ada kecelakaan, pihaknya lang-sung menuju lokasi kejadian.

Sebab, ruas jalan tersebut memang macet total. “Kita mulai tadi pagi langsung ke sini. Sementara jalur kita alihkan,” ujarnya. Dari arah barat, kendaraan besar dialihkan mulai dari pertigaan Desa Sepanjang, dan dari arah timur dialihkan mulai pertigaan Desa Salamrejo, Kecamatan Glenmore. ’’Untuk menghindari penumpukan dan agar evakuasi lebih cepat, di dua titik itu ada petugas yang menyetop kendaraan besar,” jelasnya. (radar)

Loading...