Ular Masuk Rumah Jangan Dibunuh

0
9754

Jika dirawat dengan baik dan diajak berinteraksi dengan intens, maka ular tersebut bisa jinak. “Sedangkan ular berbisa tidak bisa jinak. Tetapi bisa di-handle,” terang remaja asal Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi tersebut. Menurut Irul, masyarakat bisa mengenali ular berbisa dan tidak dengan melihat ciri-ciri fisik atau reaksi ular tersebut saat bertemu dengan manusia. Dikatakan, ular berbisa memiliki bentuk kepala segitiga sempurna, sedangkan bentuk kepala ular tak berbisa cenderung lonjong. Jika bertemu manusia, ular berbisa biasanya cenderung bertahan, sedangkan ular tidak berbisa akan langsung kabur saat bertemu manusia.

Mungkin karena ular berbisa merasa punya alat melindungi diri dengan racun. Makanya, saat bertemu manusia atau diusir saat memasuki area perumahan, ular berbisa cenderung bertahan,” paparnya. Dicky, anggota Bareco menambahkan, mereka rutin berkumpul sekali dalam sepekan. Pertemuan itu biasanya digelar di Taman Sritanjung setiap Minggu sore. “Saat berkumpul tersebut, kami manfaatkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Contohnya, jika ada ular yang masuk ke rumah, jangan langsung dibunuh. Tetapi pindahkan ke lokasi sejauh mungkin dari perumahan dengan menggunakan tongkat panjang,” tuturnya.

Dikatakan, kelestarian ular diperlukan untuk menjaga rantai makanan tidak terputus. Sebab, jika rantai makanan terputus, keseimbangan ekosistem akan terganggu yang akan berdampak negatif bagi masyarakat itu sendiri. Misalnya saja, saat jumlah ular di sawah semakin sedikit lantaran diburu manusia, maka jumlah tikus semakin bertambah. Jika jumlah tikus sudah tidak terkendali, tentu petani dirugikan lantaran tikus tersebut akan menyerang tanaman mereka. Selain ular, beberapa anggota Bareco juga memelihara aneka jenis reptil lain. Di antaranya, iguana, biawak, dan kura-kura. “Seorang anggota Bareco juga memelihara ular berbisa. Namun karena kami berbahaya, ular berbisa tersebut tidak dibawa ke tempat ini (Taman Blambangan),” pungkas Dicky. (radar)

Kata kunci yang digunakan :

Lanjutkan Membaca : 1 | 2