Waduk Umbul Dikeringkan, Warga Panen Ikan

0
396

ikan-nila-dikumpulkan-ke-dalam-keramba-oleh-warga-sekitar-waduk-umbul-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GLENMORE – Waduk Umbul di Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, dikeringkan kemarin (3/10). Pengeringan itu disambut  riang oleh warga karena di tempat  itu banyak ikan, seperti nila, wader, dan jenis lain. Warga yang datang bisa mengambil ikan yang sebagian berukuran  besar. Khusus ikan jenis nila, dikumpulkan lalu dibagi rata.

“Pengeringan ini setahun sekali, setiap  bulan Oktober,” terang Sutrisno, 50, salah satu warga setempat. Warga yang ikut memanen ikan itu adalah yang terlibat langsung dalam swadaya pemeliharaan. Ikan yang dipanen itu akan dibagi rata dan juga dijual untuk pembudidayaan selanjutnya.

“Ini nanti  dibagi sekitar 100 KK,” katanya. Menurut Sutrisno, sejak tahun 1989 warga di sekitar waduk sudah mulai memelihara ikan di umbul. Warga mengawali dengan menebar benih ikan yang dilakukan secara swadaya. “Dulu iuran Rp 5.000,  sekarang Rp 25 ribu,” ucapnya.

Loading...

Hasil panen, terang dia, setiap tahun selalu berbeda. Saat hasil bagus dan melimpah, pernah  mencapai hingga dua ton. Tapi saat ini sepertinya menurun karena ikannya banyak yang ditangkap orang. “Lima tahun lalu pernah  panen dua ton ikan,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pembudidaya ikan, Iwan Setiawan, 36, asal Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, mengatakan kualitas  nila yang dipanen warga itu sangat  baik. Jika dibandingkan nila yang diplihara di kolam buatan, itu jauh lebih unggul.

“Ukuran dan ketebalan dagingnya sangat bagus,” katanya. Ikan bisa unggul karena ketersediaan pakan alami berupa  biota air, seperti lumut, itu sangat bagus  untuk ikan “Kalau dibandingkan yang disentrat setiap hari, masih bagus ikan di umbul,” terangnya.

Kepala Desa Sumbergondo, Norman, mengatakan budi daya ikan di Waduk Umbul itu sudah berlangsung sejak lama. Ke depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pengairan untuk memaksimalkan hasil panen ikan warga itu, salah satunya dengan  pemberdayaan dan pendampingan melalui koperasi pengairan.

“Rencana mau dibentuk koperasi, intinya warga biar dapat hasil lebih banyak,” jelasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :