Waria Sukarela Periksakan Darah

0
356

wariaBANYUWANGI – Ancaman infeksi menular seksual (IMS) dan HIV/AIDS masih menjadi momok dan bahaya laten bagi masyarakat Banyuwangi saat ini. Selain jumlah penderitanya terus bertambah, kesadaran untuk memeriksakan diri dan melakukan penanganan medis sejak dini menjadi kunci dalam mencegah penyakit mematikan tersebut. Kesadaran inilah yang rupanya dimiliki oleh kelompok risiko paling tinggi terkena IMS dan HIV/AIDS.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam sebuah acara pertemuan rutin, komunitas yang didominasi kalangan waria ini secara sadar memeriksakan dirinya atas potensi penyakit tersebut. Dikemas dalam acara santai, sekitar 34 orang memeriksakan darah di Ruko Kebalenan, Jalan Brawijaya, Banyuwangi. Petugas medis dari Puskesmas Sobo menjadi fasilitator dari kemauan puluhan waria ini. Mereka tanpa ada paksaan memeriksakan diri atas potensi penyakit tersebut. 

“Semua ini atas kesadaran mereka. Tidak ada paksaan saat pemeriksaan ini,” ujar Erna Agustina, manajer Program KPA Banyuwangi.  Dia menambahkan, kegiatan pertemuan ini merupakan agenda rutin. Selain menjadi wadah untuk mempererat tali persaudaraan dan komunikasi antar mereka. Kegiatan ini juga  diisi dengan pemeriksaan darah bagi kelompok yang masuk kategori tinggi terkena infeksi HIV/AIDS. (radar)

Loading...