Waspadai Terpaan Angin Kencang

0
384

BANYUWANGI – Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengimbau warga Kota Gandrung agar mewaspadai potensi angin kencang. Sebab, mulai hari ini (11/12) hingga beberapa hari ke depan, cuaca di wilayah Banyuwangi masih tidak menentu.

Secara umum, kondisi cuaca cenderung cerah pada pagi sampai siang hari. Namun, situasi itu bisa seketika berubah menjadi hujan pada sore hari. Pada saat cuaca berubah dengan cepat seperti itu, makin besar peluang terjadi pembentukan awan Cumolonimbus (Cb) yang menyebabkan angin kencang. Prakirawan Stasiun Meteorologi Banyuwangi, Anjar Triyono Hadi mengatakan, akhirakhir ini wilayah Banyuwangi masih berada pada musim transisi dari kemarau ke musim hujan.

Itu berbeda dari prediksi sebelumnya bahwa musim penghujan sudah terjadi di Banyuwangi pada minggu terakhir November atau awal Desember. “Saat ini (kemarin) sebagian besar wilayah Banyuwangi masih berada pada musim peralihan. Puncak musim hujan kami prediksi terjadi pada Januari hingga Februari 2013,” ujarnya saat dikonfirmasi kemarin (10/12). Menurut Anjar, kecepatan angin di wilayah Banyuwangi berkisar antara 6 hingga 33 Kilometer per jam.

Kecepatan angin maksimum itu berpotensi terjadi jika terbentuk awan Cb,” paparnya Lebih jauh Anjar memprediksi, tinggi gelombang di wilayah perairan Selat Bali relatif normal hingga sepekan mendatang. Gelombang signifikan  paling sering terjadi, Red) di perairan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali tersebut berkisar an tara 0,3 meter sampai 0,8 meter. Gelombang maksimum di perairan tersebut bisa mencapai 1,3 meter. “Peluang terjadinya gelombang maksimum itu satu banding seratus,” terangnya. Anjar menambahkan, tinggi gelombang di Pantai Selatan Banyuwangi berkisar antara 0,5 meter sampai 2,5 meter dengan ketinggian maksimum 3 meter. (radar)

Baca :
Lewat Jalur Tikus, 35 Pemudik Dipaksa Putar Balik