Banyuwangi Gelar Student Jazz Festival

0
174
Student Jazz Festival Tahun Lalu.

BANYUWANGI – Akhir pekan ini, Banyuwangi akan dimeriahkan even musik Student Jazz Festival. Even tahunan yang menjadi ajang unjuk bakat bermusik jazz pelajar ini akan digelar selama dua hari, Jumat-Sabtu (25-26 Agustus). Tidak hanya diikuti pelajar dari Banyuwangi, namun grup jazz asal Surabaya, Malang, Jember dan Bali akan meramaikannya.

“Acara ini sebagai panggung bagi pelajar daerah untuk mengasah kemampuan mereka dalam bermusik khususnya pada genre jazz. Lewat even ini diharapkan muncul bibit-bibit musisi Jazz Banyuwangi yang kelak akan berkiprah di dunia musik nasional ,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Student Jazz Festival digelar selama dua hari 25-26 Agustus besok di depan Gesibu Blambangan. Even ini diikuti 35 band pelajar yang telah menjalani proses audisi sebelumnya. Pesertanya tidak hanya pelajar lokal tapi juga datang dari beberapa daerah di Jawa timur seperti Surabaya, Malang, Jember dan Pulau Bali.

“Potensi bermusik di lingkungan pelajar sangat besar. Karena itu mereka perlu diberi wadah untuk menyalurkan bakat yang dimiliki. Selain itu musik jazz juga musik dengan image yang baik, harapan kami bisa menginfluence energi positive bagi pelajar dan menjauhkan mereka dari tindak negatif,” ujar Anas.

Loading...

Student Jazz 2017 yang masuk agenda Banyuwangi Festival ini merupakan tahun kedua pelaksanaan. Menurut Anas, sejak digelar tahun lalu, kompetisi ini mendapat animo yang tinggi, juga diikuti puluhan band jazz pelajar. “Pemenang tahun lalu bahkan mereka kini eksis di jalur musik. Mereka banyak mendapat kesempatan tampil di even-even Banyuwangi,” jelas Anas.

Pada even ini, selama dua hari para pelajar akan berkompetisi menampilkan performance terbaik mereka dalam bermusik jazz. Mereka akan membawakan musik jazz yang easy listening yang menjadi salah satu syarat kompetisi ini. Selain itu semua peserta juga wajib membawakan lagu Banyuwangi  yang diaransemen dengan musik Jazz.

“Kami mewajibkan lagu Banyuwangi dibawakan oleh semua peserta agar lagu khas lokal tidak tergerus dengan lagu-lagu popular dan semakin dikenal di luar daerah,” ujar Anas.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiono, pada kompetisi ini akan dipilih 5 grup band terbaik. Para pemenang tersebut juga akan mendapatkan kesempatan tampil bersama musisi jazz nasional di event Banyuwangi Beach Jazz Festival yang akan berlangsung pada 2 September mendatang.

“Para pelajar akan mendapatkan pengalaman yang berharga bisa tampil sepanggung dengan musisi jazz kawakan. Rencananya Banyuwangi Beach Jazz akan menampilkan Syaharani and Queenfireworks. Pasti akan jadi pengalaman yang seru,” cetus Sulihtiono.

Student Jazz Festival menjadi bagian dari rangkaian pagelaran musik jazz yang setiap tahun digelar dan telah menjadi salah satu identitas musikalitas masyarakat Banyuwangi. Setelah Student Jazz Festival akan menyusul Beach Jazz Festival (2/9) dan Ijen Summer Jazz (6-7/10). (banyuwangikab.go.id)

loading...


Kata kunci yang digunakan :