Rumah Satu Kampung Tergenang

0
361
Kantor Kecamatan Pesanggaran dan perumahan warga tergenang air akibat meluapnya sungai Sanggawe, kemarin.

PESANGGARAN – Lagi-lagi banjir terjadi di daérah Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran kemarin (31/5). Kali Sanggawe yang ada di kampung itu, meluap hingga menggenangi perkampungan dan sejumlah kantor.

Air yang menggenang kali ini, terlihat lebih besar dari biasanya. Daerah yang tergenang itu, mulai dari kantor Kecamatan Pesanggaran hingga jembatan Kali Sanggawe yang berjarak sekitar 500 meter. Hampir semua perumahan penduduk yang ada di kampung itu ikut tergenang.

Gara-gara banjir itu, tidak sedikit dari kendaraan yang melintas di jalan raya itu macet. Sebab, ketinggian air yang ada di jalan raya  mencapai separo dari roda motor. “Banjir ini sudah menjadi langganan,” cetus Pj. Kepala Desa Sumberagung, Suryanto.

Menurut Suryanto, setiap turun hujan dengan deras perkampungan yang ada di Dusun Silirbaru itu selalu banjir. Air berasal dari Kali Sanggawe yang meluap. “Saat banjir ini hujan tidak terlalu deras, tapi agak lama,” katanya.

Meski perkampungan dan jalan raya di jurusan Pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung itu tergenang, tapi tidak mempengaruhi aktifitas warga. “Warga tidak terpengaruh, apalagi banjir ini sudah rutin,” ungkapnya.

Banjir yang sering terjadi ini, jelas dia, karena sungai yang ada tidak mampu menampung debit air yang tinggi. Apalagi, air yang masuk ke Kali Sanggawe itu ada yang berasal dari persawahan dan beberapa sungai. “Sungai perlu diperlebar,” cetusnya.

Air yang menggenang dan sudah menjadi langganan ini, banyak dikeluhkan oleh warga. Sebab, kendaraan juga menjadi terganggu. “Karena jalan ikut banjir, banyak kendaraan yang mogok,” cetus Prasetyo, 36, salah satu warga. (radar)

Loading...
loading...