Olah Raga|April 3, 2013 9:25 am

Stadion Diponegoro Berkonsep 2 In 1

stadionBANYUWANGI – Rencana pembangunan Stadion Diponegoro tahun ini mendekati kenyataan. Setidaknya terlihat dari rampungnya beberapa tahap pengerjaan lapangan sepak bola yang menjadi markas Persewangi tersebut. Kabar ter-anyar, konsep stadion berkapasitas 7.000 ribu penonton itu sudah dikeluarkan Dinas Pengerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Banyuwangi. Nanti Stadion Diponegoro tidak hanya berfungsi sebagai arena pertandingan sepak bola, tapi juga berfungsi sebagai media yang bisa memperlancar roda organisasi olahraga.

“Ada satu kesatuan konsep dalam pembangunan stadion,” ujar Mujiono, kepala Dinas PU Banyuwangi. Mujiono menuturkan, terkait konsep ekonomi, nanti di bawah tribun stadion bisa digunakan sebagai sentra perdagangan. Beberapa unit bangunan, seperti rumah toko (ruko) akan menghiasi sudut stadion. Selain bisa membantu perekonomian masyarakat, ruko tersebut juga bisa menambah income daerah. Selain itu, menurut Mujiono, di Stadion Diponegoro juga akan disediakan ruangan untuk cabang olahraga (cabor).

Jadi, cabor yang belum memiliki sekretariat bisa langsung bermarkas di bangunan di sekitar stadion itu. Itu akan mempermudah cabor dalam melakukan aktivitas keorganisasian. Kapan akan mulai dibangun? Mujiono mengatakan, pembangunan akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Beberapa persiapan sudah dilakukan, di antaranya memilih konsep stadion. Tahap berikutnya lelang dan penggarapan. Kucuran dana lebih kurang Rp 5 miliar dari APBD 2013 itu diharapkan bisa menambah kelengkapan sarana Stadion Diponegoro. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

Tags:
  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg