Ada yang Menyerupai Leak, Barong, dan Naga

0
663

adaKEMBANG maulud berbentuk bunga yang awalnya digunakan untuk menghias telur ternyata kini mulai bergeser. Tidak sedikit perajin dan penjual yang menjajakan aneka kembang mau lud bervariasi. Ada yang berbentuk kapal ter bang, barong, kepala harimau, naga, dan ada pula yang mirip leak. Uniknya, meskipun harganya jauh lebih mahal di banding kembang maulud klasik, aneka macam kembang maulud variasi itu cukup laris di pa saran.

Tentu saja, segmen yang digarap sang pe rajin dan pedagang kembang maulud variasi tersebut adalah anak-anak. Iim, 21, pedagang kembang maulud di Pasar Rogojampi mengatakan, kembang maulud variasi yang berbentuk barong digemari konsumen, terutama kalangan anak-anak. Buktinya, dalam se hari rata-rata dia bisa memasarkan kembang maulud berbentuk barong sebanyak 50 unit. Padahal, jika dibanding kembang maulud berbentuk bunga, harga kembang maulud berbentuk barong jauh lebih mahal, yakni sebesar Rp 17 ribu per unit.

“Ya, harganya memang lebih mahal dibanding kembang maulud biasa. Karena pengerjaannya lebih rumit,” ujarnya Selain kembang maulud berbentuk barong, Iim juga menjual aneka jenis kembang maulud variasi lain. Misalnya, kembang maulud berbentuk kepala harimau. Kembang maulud berbentuk kepala harimau dia jual Rp 17 ribu per unit, berbentuk naga seharga Rp 15 ribu per unit, dan berbentuk leak seharga Rp 15 ribu per unit. “Setelah kembang maulud berbentuk naga, kembang maulud variasi yang laris adalah yang berbentuk kepala harimau. Kembang maulud berbentuk leak juga laku, kok,” pungkasnya. (radar)

Baca :
Diduga Terlilit Hutang, Seorang Ibu Ditemukan Gantung Diri di Jendela Kamar Gemparkan Warga Tegaldlimo