Air Laut Surut, Warga Berburu Kerang di Pesisir Muncar

0
380

Warga-mencari-kerang-di-pesisir-Muncar-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MUNCAR – Air laut yang sedang surut di wilayah perairan Muncar dimanfaatkan warga untuk berburu kerang. Warga yang mencari biota laut itu banyak yang berasal dari wilayah Kecamatan Srono dan Rogojampi.

Banyaknya warga yang mencari kerang itu membuat pesisir Pantai Satelit di Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, terlihat ramai.  Bau amis dan becek sudah tidak dihiraukan lagi. Mereka asyik memungut kerang laut yang berada di tepi pantai.

Malahan, ada yang mencari dengan  cara duduk di bebatuan dan menyelam. Salah seorang warga, Ikhsan 45, asal Dusun Krajan,  Desa Kaligung, Kecamatan Rogojampi, mengaku  sengaja datang ke Pantai Satelit di Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, hanya untuk berburu kerang laut.

“Untuk dikonsumsi sendiri, tidak saya jual,” katanya. Ikhsan mengaku berburu kerang laut tidak sendirian. Dia bersama puluhan warga lain. Jumlah kerang yang ada di tepi Pantai Satelit itu sangat banyak dibanding pantai lain. “Di Pantai Bomo sebetulnya ada, tapi masih banyak di Pantai Satelit ini,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan, Doi, 55. Warga Dusun Krajan, Desa Kaligung, itu berburu kerang  laut lebih terjamin dan asyik ketimbang memancing. “Kalau memancing ribet, harus bawa umpan, pancing, dan belum tentu dapat ikan. Tapi kalau mencari  kerang hanya butuh wadah dan pasti dapat,” dalihnya.

Berburu kerang laut, terang dia, sebenarnya hanya mengisi waktu luang saat libur kerja. Apalagi, selama berburu kerang di tepi pantai juga membutuhkan tenaga ekstra dan bagus untuk olahraga. “Hitung-hitung sambil berolahraga,” terangnya.

Berburu kerang hanya bisa dilakukan saat air laut surut, itu terjadi antara pukul 13.00 hingga pukul 16.00. Saat mencari kerang ini, dalam dua jam bisa mendapatkan empat kilogram kerang. Jika dijual, harga kerang laut  itu sekitar Rp 35 ribu per kilogram.

“Kadang kalau ada  yang pesan ya dijual, tapi kalau tidak ada pemesan untuk lauk sendiri,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :