Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Air Terjun Selendang Arum di Lereng Gunung

airterjunSetelah muncul di koran, air terjun Selendang Arum mulai dikunjungi warga. Seperti apa kondisi terkini air terjun di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, itu? WISATA yang dimiliki Banyuwangi semakin komplet. Terbaru, ada wisata air terjun Selendang Arum di lereng Gunung Raung. Sejak di temukan belum lama ini, wisata air ter jun yang mengalir dari Sungai Ba deng tersebut mulai banyak dikunjungi masyarakat.

Ya, pesona alam air terjun setinggi 30 meter itu memang cu kup membuat orang terkesima. Mengingat, air terjun tersebut memiliki ke istimewaan jika dibandingkan air terjun lain. Saya termasuk salah satu orang yang terkesima setelah melihat langsung air terjun tersebut. Bagaimana ti dak, air di sana tidak langsung me luncur ke bawah, melainkan me ngalir melewati bebatuan yang licin. Ketika sinar matahari menembus kawasan itu, aliran air itu memancarkan sinar yang semakin membuat mata terbelalak.

Melihat air terjun itu, rasa penat se olah pudar. Suasana semakin lengkap dengan gemercik air yang terlihat bening. Dinginnya air pun membuat suasana liburan semakin menarik. Sebenarnya, warga Desa Sum berarum sudah biasa dengan air terjun. Me ngingat, desa tersebut memiliki air terjun Lider yang sudah lama po puler Dulu di musim liburan banyak warga, terutama kalangan remaja, yang datang ke objek wi sata air terjun setinggi hampir 100 meter di Dusun Lider tersebut.

Selain air terjun Lider yang ting gi menjulang, air terjun lain juga ada di desa itu. Bahkan, da lam di satu dusun, yaitu Du sun Sumberasih, terdapat dua air terjun, yakni air terjun De lik dan air terjun Giri Asih. Dua air terjun itu mengalir dari Su n gai Badeng. Dua air terjun itu, yang paling dekat dengan per mukiman warga adalah air ter jun Giri Asih. Tetapi, selama ini sederet air terjun itu belum tersentuh pe ngelolaan yang baik.

Pa dahal, jika dikelola dengan profesional, kawasan itu bisa menarik pengunjung. Tentu saja, perekonomian warga sekitar bisa terangkat. Tetapi, air terjun Selendang Arum tampaknya bakal dikelola de ngan baik. Pemerintah setempat terlihat antusias me ngelola aset tersebut. Dalam upa ya menarik wisatawan, ak ses setapak menuju air terjun Se lendang Arum itu mulai di perbaiki.

Bahkan, warga juga sudah meng gelar selamatan di sekitar air terjun tersebut Minggu lalu. Saat itu, Plt Camat Song gon, Wagiyanto, bersama ja ja rannya juga mendatangi acara selamatan tersebut. Setelah melihat langsung kondisi air terjun Selendang Arum, Plt Camat Wagiyanto mengaku takjub. ‘’Keindahan air terjun Se lendang Arum itu memang luar biasa,’’ tuturnya.

Air terjun Selendang Arum menambah kekayaan wisata alam Kecamatan Songgon, yai tu air terjun Lider, Badeng River For Tubing, dan Rowo Bayu. “Karena itu, daerah ini bisa menjadi ikon wisata baru,” te rangnya. Khusus di air terjun Selendang Arum, kata Wagiyanto, para pengunjung akan disuguhi pemandangan menarik pepohonan yang tumbuh di lereng Gu nung Raung. Jalan setapak yang dilalui menuju lokasi ha nya berjarak 500 meter.

‘’Ham paran lahan sayur selada yang hi  au semakin menambah kesejukan,” tuturnya. Kepala Urusan Kesejahteraan Rak yat (Kaur Kesra) Desa Sumberarum, Sugiono mengakui, pe ngunjung mulai banyak berdatangan di Selendang Arum. Selain warga sekitar, ba nyak pengunjung dari luar ke camatan yang datang. ‘’Hari Ming gu lalu ada sekitar seratus orang yang datang,” katanya kemarin.

Sugiono mengatakan, para pengunjung datang silih berganti se telah membaca berita air terjun Selendang Arum di Jawa Pos Radar Banyuwangi. ‘’Ba nyak yang tahu dari koran,” ka tanya. Setelah diukur, tinggi air terjun tersebut sekitar 30 meter. Ber sama masyarakat sekitar, ak ses menuju air terjun yang be rada di bawah tebing itu juga akan segera diperbaiki. Sebab, ak ses menuju lokasi itu cukup sulit. ‘’Masyarakat kerja bakti terus,” ujar Sugiono. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE