AKP Subandi Jabat Kasatpolair

0
133

AKP-Subandi-Jabat-Kasatpolair

BANYUWANGI – Gerbong mutasi di jajaran perwira Polres Banyuwangi kembali bergulir. Ada lima nama perwira yang dipastikan akan  segera menempati pos baru. Yang mengejutkan, Kasatpolair AKP Basori Alwi masuk daftar mutasi.

Di tengah kesibukan melakukan penyidikan  kasus tenggelamnya KMP Rafelia II, Basori  justru digeser ke pos barunya sebagai Kasubag Humum Polres. Jabatan itu dianggap kurang strategis dibandingkan posisi sebelumnya sebagai Kasatpolair.

Mutasi Basori Alwi itu memang cukup mengejutkan. Sebab, sepak terjangnya dalam memimpin satuan polisi perairan tergolong sangat bagus. Terlebih dalam penanganan dan evakuasi korban KMP Rafelia II yang tenggelam di Selat Bali Jumat kemarin (4/3), dia terlihat berada di garda depan.

Lalu, siapa pengganti Basori? Merunut telegram rahasia (TR), posisinya bakal digantikan AKP Subandi yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Humas. Sebagai pengganti Subandi, ditunjuklah Pama Polres AKP Abdul Jabbar. Selain ketiga perwira tersebut, posisi Kasatintelkam juga akan bergeser.

Kasatintelkam AKP Harwiyono akan berpindah tugas dalam rangka mendapat promosi pangkat “kompol” sebagai Kapolsek  Kaliwates, Jember. Pengganti Harwiyono adalah AKP Bambang Agus Tri Basuki yang sebelumnya  menjabat sebagai Kanitreskrim  Polsek Tandes Surabaya.

Kabag Sumda Polres Banyuwangi, Kompol Mustaqim, mengatakan mutasi itu merupakan bagian dari penyegaran di tubuh Polri. Soal pemindahan AKP Basori merupakan hal biasa dan tuntutan tugas. “Dia kerjanya bagus dan sangat paham  hukum, jadi dibutuhkan di sini (Bagian Hukum),” katanya.

Mengenai perkara yang kini  ditangani Polair, khususnya terkait  tenggelamnya KMP Rafelia II, Mustaqim menjamin tidak akan ada kendala. Proses hukumnya akan terus berlanjut meski terjadi pergantian di pucuk komando kepolisian perairan tersebut. Diperoleh informasi, mutasi jajaran perwira bakal bergulir lagi. Rencananya mutasi gelombang dua digulirkan bulan depan. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :