Anak Muda Dibikin Melek Film

0
629
Aktor kawakan Tyo Pakusadewo pegang mik dalam kegiatan workshop perfilman di Hotel Santika Banyuwangi Jumat lalu (3/11).

BAANYUWANGI – Rangkaian perhelatan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2017 mulai bergulir di Banyuwangi. Berbagai kegiatan, workshop penulisan dan penyutradaraan film pendek, workshop kuratorial pemutaran film, workshop penggunaan film dalam pendidikan, kuliah umum perfilman hingga pemutaran film pendek serentak di lima kecamatan se-Bumi Blambangan, bakal digeber di sepanjang November 2017 ini.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Salah satu kegiatan yang telah digelar adalah workshop perfilman. Workshop tersebut di geber di Hotel Santika, Banyuwangi mulai Rabu (1/11) hingga kemarin (4/11). Sekadar diketahui, AFI merupakan ajang perfilman yang digelar Pusat Pengembangan (Pusbang) Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kepala Bidang Apresiasi dan Tenaga Perfilman Pusbang Perfilman M. Sanggupri mengatakan, AFI di Banyuwangi ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Dikatakan, jika di tahun-tahun sebelumnya AFI dilaksanakan dengan memberikan penghargaan bagi aktor maupun penggiat perfilman, konsepnya diubah.

Dikatakan, Afi tahun ini lebih banyak menitikberatkan pada proses edukasi film, Caranya dengan menggelar seminar, diskusi, kuliah umum, hingga workshop perfilman. “Karena ada kemiripan antara AFI yang lalu dengan ajang felstival film Indonesia (FFI). Kita ingin tidak lagi demikian, AFI sekarang digelar dengan banyak rangkaiannya dan menitik beratkan film sebagai bagian dari edukasi kepada rakyat lndonesia. Sengaja digelar di Banyuwangi sebagai apresiasi kami pada daerah yang begitu banyak prestasinya ini,” ujar Sanggupri.

Secara terpisah, aktor senior Tyo Pakusadewo yang terlibat dalam pelaksanaan AFI tahun ini menjelaskan bahwa orang ini merupakan sarana edukasi yang tujuannya untuk melahirkan ide-ide dan bibit-bibit baru perfilman yang tersebar di tanah air.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last