Atasi Krisis Air Bersih, Bangun Sumur Bor di 12 Kecamatan

0
503
Kekeringan yang melanda wongsorejo bebera bulan lalu.

BANYUWANGI – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 menggelontor dana Rp 7,5 miliar untuk membangun sumur bor di 12 kecamatan. Pembangunan sumur bor difokuskan pada beberapa kecamatan yang berpotensi mengalami krisis air bersih.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kecamatan yang mendapat jatah proyek sumur bor itu meliputi, Kecamatan Banyuwangi, Rogojampi, Kalipuro, Kabat, Muncar, Cluring, Genteng, Gambiran, Purwoharjo,  Bangorejo, dan Siliragung. Kecamatan Banyuwangi mendapat proyek pembangunan sumur bor Ibu Kota Kecamatan (IKK) senilai Rp 808 juta.

Selain Kecamatan Banyuwangi, proyek sumur bor IKK juga dibangun di Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Gambiran, dan Kecamatan Genteng. Sedangkan kecamatan yang paling banyak mendapat proyek sumur bor adalah, Kecamatan Cluring empat titik, Kecamatan Kalipuro tiga titik, Kecamatan Muncar dua lokasi, dan Kecamatan Siliragung dua lokasi.

Sementara untuk Kecamatan Bangorejo, Purwoharjo, Wongsorejo, dan Kecamatan Kabat masing-masing satu lokasi. ”Semua daerah rawan air bersih menjadi prioritas pembangunan sumur bor untuk mendukung suplai air bersih dari PDAM,” ungkap Kepala Dinas PU Pengairan Guntur Priambodo.

Dari 19 lokasi proyek pembangunan sumur bor itu, tiga lokasi pengelolaan akan diserahkan pada PDAM. Tiga lokasi itu adalah pembangunan sumur bor IKK Banyuwangi, IKK Gambiran, dan IKK Genteng. ”Ini merupakan tahun pertama Dinas PU Pengairan mengerjakan sumur bor setelah sebelumnya dilakukan Dinas PU Bina Marga,” kata Guntur.

Tiga sumur IKK itu, lanjut Guntur, pengelolaannya diserahkan pada PDAM untuk menambah suplai air bersih yang dikelola perusahaan daerah itu. Sedangkan sumur bor yang lainnya akan dikelola warga untuk kebutuhan air bersih mereka.

Untuk Kecamatan Wongsorejo, sumur bor dibangun di Dusun Karengrejo, Desa Wongsorejo. Kecamatan Muncar di Dusun Tegalpare, Dusun Krajan, Desa Wringinputih. Kecamatan Cluring di Desa Benculuk, Desa Sumberbulung,  Desa Cluring, dan Desa Plampangrejo. Kecamatan Kalipuro dibangun di Desa Ketapang atau kawasan Watudodol dan Dusun Silogiri, Desa Ketapang.(radar)

Loading...

Sewa Gudang 495 m2 Tebet Jakarta Selatan Primium Parkir Luas

Sewa Gudang 495 m2 Tebet Jakarta Selatan Primium Parkir Luas

Di sewakan Ruko 3,5 Lt dan Gudang Kantor dan Gudang 2 Lantai & Gudang 3 in 1 Infinia Park Jalan…
12/06/2018
Jakarta Selatan

Baca Juga :