Embung Dibangun, Warga Kembiritan Adakan Tasyakuran

0
828

Embung-Dibangun,-Warga-Kembiritan-Tasyakuran

GENTENG – Puluhan petani Dusun Pandan dan Dusun Cendono, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, mengadakan tasyakuran dan tumpengan di atas sungai yang membatasi dua  dusun tersebut kemarin pagi. Kegiatan tersebut digelar sebagai  wujud syukur warga  Kembiritan, karena sebagian bangunan embung air yang selama  ini ditunggu warga sudah  selesai dilakukan dengan anggaran sekitar Rp 200 juta dari APBD 2016.

Selain dihadiri warga, kegiatan tasyakuran tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan DR. Ir. Guntur Priambodo dan jajarannya, Kepala Desa Kembiritan, Suryadi, dan jajarannya, dan tokoh pemuda setempat, Wawan.

Kepala Dinas PU Pengairan, Guntur Priambodo, mengatakan  pembangunan embung tersebut   sebenarnya belum fi nish, karena ada beberapa bagian yang masih  harus diselesaikan. “Setelah ini  pengerjaan lainnya seperti pembuatan tangkis akan dilanjutkan,” kata Guntur saat didaulat memberi kata sambutan di hadapan  warga.

Guntur menjelaskan, pembangunan embung air sangat penting dilakukan dan perlu  diperbanyak, demi memenuhi  kebutuhan air para petani terutama  di wilayah selatan yang  kesulitan air. Maka dari itu, selain di Kembiritan, Dinas PU Pengairan juga membangun embung di sejumlah  tempat, termasuk di Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu.

Pembangunan embung di lereng Gunung Raung tersebut juga diharapkan menjadi cadangan air untuk lahan petani di wilayah selatan terutama ketika musim  kemarau. “Kita bangun banyak  embung, agar petani tidak sampai   kesulitan air,” tandasnya.

Kepala Desa Kembiritan, Suryadi, menyampaikan banyak terima  kasih kepada Bupati Abdullah Azwar Anas melalui Kadis PU Pengairan Guntur Priambodo. Sebab harapan warga Kembiritan agar embung tersebut bisa dibangun akhirnya bisa menjadi  kenyataan.

“Kami sangat menyampaikan banyak terima kasih kepada bupati dan kepala dinas pengairan atas bantuannya. Kami juga terima asih karena di desa  kami banyak sekali bangunan dari Pemda Banyuwangi,” tuturnya.

Suryadi juga mengajak warga untuk menyambut dengan baik pembangunan yang terus digalakkan oleh Pemkab Banyuwangi  tersebut, dengan cara mensyukuri  dan menjaganya. “Dan yang tidak kalah penting lagi, warga harus selalu menjaga  kerukunan dan keguyuban,” tandasnya.  (radar)