Beranda Sosial Awas Antrean dari Bali

Awas Antrean dari Bali

0
362

Tren Penumpang Terus Naik selama Tiga Tahun Terakhir


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Gelombang ken daraan pelancong belum juga kembali dari Pulau De wata. Hingga kemarin (4/1), kepa datan belum terjadi di pelabuhan penyeberangan Ke tapang- Gilimanuk. Dari arah Keta pang, penumpang feri justru sepi, tapi penumpang dari arah Pe labuhan Gilimanuk tergolong ramai. Namun demikian, lonja kan penumpang arus ba lik liburan sekolah belum ter li hat memadati Pelabuhan Ke tapang.

“Penumpang masih tergolong normal. Dari Gilimanuk, peningkatan ada tapi masih sangat kecil,” ujar Manager Operasi PT ASDP In do nesia Ferry (IF) Ke tapang, Sa haruddin Koto, kemarin. Lonjakan penumpang arus balik, kata Saharuddin, tetap seperti prediksi, yaitu ter jadi pada akhir pekan ini. Penumpang arus balik ber beda dengan kondisi penum pang jelang Natal dan tahun baru 2013 lalu. Jelang Natal, lonjakan penumpang dari arah Pelabuhan Ketapang cukup tinggi.

Lonjakan tersebut ter jadi karena penumpang memanfaatkan waktu liburan dan cuti bersama Natal untuk berwisa Hal yang sama juga terjadi jelang pergantian tahun baru 2013 lalu. Lonjakan dipicu karena masyarakat ingin pada saat detik-detik pergantian tahun baru 2013 berada di Bali. “Lonjakan tinggi juga dipicu meningkatnya kendaraan barang yang mengejar omzet di akhir ta hun 2012,” katanya. Sementara itu, gelombang arus balik dari Bali tidak datang bersamaan. Apalagi, masa liburan kantor dan libur sekolah tidak habis secara bersamaan.

Loading...

Sehingga, penumpang banyak pilihan untuk menghindar antrean panjang di pelabuhan. Di prediksi, akhir pekan ini lonjakan penumpang dari arah Gilimanuk meningkat karena merupakan akhir liburan sekolah. Warga yang berlibur di Bali kemungkinan besar tidak memperpanjang liburannya karena  liburan sekolah sudah habis. Sementara itu, tren penumpang feri di penyeberangan Ketapang- Gilimanuk terus meningkat selama tiga tahun belakangan. Pada tahun 2010, pe numpang pejalan kaki mencapai 4.553.779 orang, kendaraan roda dua (R2) 467.654 unit, dan kendaraan roda empat (R4) 845.104 unit.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

error: Uppss.......!