Bali Punya Ubud, BWI Punya Segobang

0
1613

sawah-sawah-berbentuk-terasiring-di-desa-segobang-kecamatan-licin-banyuwangi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

NAMA Ubud sudah sangat kondang. Ubud bisa mendunia bukan hanya karena tradisi dan budaya daerahnya. Ubud paling populer dengan suasana pedesaan alami dengan sawah khas berbentuk terasiring yang memikat. Meski begitu, panorama sawah-sawah terasiring yang menawan tak hanya bisa  dijumpai di Ubud. Bumi Blambangan punya  banyak sawah berbentuk meliuk-liuk seperti  itu.

Ada beberapa daerah di Banyuwangi  yang merupakan kawasan pertanian dengan  kontur wilayah perbukitan. Wilayah Kecamatan Licin yang berada di lereng Gunung Ijen merupakan salah satu gudang sawah terasiring. Hampir semua desa di kecamatan tersebut memiliki sawah terasiring. Namun yang layak disebut Ubudnya Banyuwangi, sepertinya adalah Desa  Segobang.

Loading...

‘’Gak perlu jauh-jauh ke Ubud, di Segobang dan Banjar Licin banyak seperti itu,’’ ujar Teguh Siswanto, penggiat Banyuwangi Coffee Community. Khusus di wilayah Segobang dan sekitarnya, mungkin ada belasan spot sawah terasiring yang bisa dijangkau.

Kalau mau eksplore lagi, bisa saja spot sawah terasiring mencapai puluhan  lokasi di desa ini. Belum lagi tebing serta aliran sungai dan air terjun. ‘’Kalau sawah dengan bentuk galengan (pematang) meliuk-liuk seperti itu, mungkin ada puluhan lokasi,’’ ujar Romdan, 40, guru Madrasah Tsana wiyah Nahdlathuth Thullaab Segobang.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2