Banyuwangi Gandeng Bank Mandiri dan PTPN XII Pacu Wisata Cokelat Glenmore

0
243
Foto: banyuwangikab

BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi berkolaborasi dengan dua BUMN, yakni PT Bank Mandiri Tbk dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII untuk mengembangkan wisata cokelat di Doesoen Kakao, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari banyuwangikab, fasilitas di destinasi itu bakal ditambah dengan pembangunan amphitheatre. Selain itu, pengembangan SDM bidang cokelat akan dilakukan.

“Satu minggu lalu kami bertemu dengan Dirut Bank Mandiri, Pak Kartika Wirjoatmodjo, dan Dirut PTPN XII, Pak Cholidi, membahas pengembangan wisata cokelat di Banyuwangi. Dan Pak Kartiko menyatakan akan membangun amphitheatre di Doesoen Kakao sekaligus siap men-support PTPN XII yang akan membuka SMK jurusan cokelat,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (9/4/2019).

“Amphitheatre ini akan melengkapi fasilitas yang ada di Doesoen Kakao yang berada di perkebunan Kendenglembu, Glenmore. Rencananya, akan dibangun tahun ini,” imbuh Anas.

PTPN XII, lanjut Anas, juga akan membuka jurusan cokelat di SMK Andalusia Glenmore pada tahun ajaran baru ini. Siswa jurusan cokelat akan fokus pada materi agronomi, khususnya komoditas coklat.

Sementara untuk keperluan pengajaran tersebut, PTPN XII juga akan melengkapinya dengan laboratorium. Alat-alat laboratorium rencananya dibantu Bank Mandiri.

“Jadi mereka akan kolaborasi, PTPN XII yang menyiapkan software-nya, hardware akan di-support Mandiri,” ungkap Anas.

“Saya sangat bersyukur atas dua kolaborasi BUMN yang bergerak membantu pengembangan pariwisata Banyuwangi sekaligus turut menyiapkan pengembangan SDM-nya,” imbuhnya.

Anas menuturkan, penambahan fasilitas wisata di Doesoen Kakao akan memperkaya ragam wisata Banyuwangi dan menambah alternatif destinasi wisata di Banyuwangi kawasan Selatan.

“Apalagi, jika Jalur Lintas Selatan sebentar lagi dituntaskan pemerintah pusat, wisata cokelat ini tentunya akan menambah geliat perekonomian di Banyuwangi selatan,” pungkasnya.

Loading...

There were no listings found.