Penerbangan Rute Banyuwangi-Yogyakarta Segera Dibuka

  • Bagikan
Foto: Detikcom

BANYUWANGI – Aksesabilitas penerbangan menuju Banyuwangi, Jawa Timur, semakin bertambah. Menyusul adanya pembukaan rute baru dari Yogjakarta-Banyuwangi PP.

Dilansir dari Detikcom, maskapai Xpress Air bakal membuka rute penerbangan baru Yogyakarta – Banyuwangi dan Banyuwangi – Yogyakarta. Pembukaan perdana bakal digelar tanggal 19 November 2019 mendatang.

Commercial Operasional Manager Express Air, Marthias Mailoa mengatakan, ini merupakan yang pertama kalinya dibuka rute Banyuwangi – Yogyakarta dan sebaliknya, sehingga menjadi salah satu peluang di sektor bisnis penerbangan.

“Dengan adanya rute penerbangan baru ini, Banyuwangi – Yogyakarta hanya ditempuh selama satu setengah jam saja. Padahal, jika melalui jalur darat, Banyuwangi – Yogyakarta bisa memakan waktu hingga 15 jam,” papar Marthias.

“Diharapkan, dengan dibukanya rute baru ini dapat menambah kunjungan wisatawan ke Bumi Blambangan,” tambahnya.

Salah satu pertimbangan dibukanya rute ini karena Banyuwangi dan Yogyakarta sama-sama mengandalkan sektor pariwisata. Dengan demikian, wisatawan yang berlibur di Yogyakarta bisa langsung menuju Banyuwangi dan sebaliknya.

Marthias mengaku, sasaran pasar utama pihaknya adalah tourism. Karena di Banyuwangi dan Yogya dinilai memang banyak destinasi-destinasi wisata yang menjadi jujukan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Selain menyasar wisatawan, rute penerbangan Banyuwangi – Yogyakarta PP ini juga menyasar segmen pengusaha, mahasiswa dan birokrasi.

“Sehingga dengan adanya rute baru ini, tentu akan mempercepat pergerakan masyarakat dari Banyuwangi – Yogyakarta dan sebaliknya. Khusunya bagi pelaku bisnis, pertukaran pelajar, maupun perjalanan dinas,” pungkas Marthias.

Penerbangan pertama rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2019 mendatang. Frekuensi terbang rute Yogya-Banyuwangi PP adalah 3x (kali) dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Dengan jadwal Yogyakarta-Banyuwangi : 09:20 – 10:40 Wib, dan dari Banyuwangi – Jogjakarta : pukul 15:40 – 17:00 Wib.

Baca :
Akhir Pekan Ini, Banyuwangi Gelar Moslem Fashion Festival di Dermaga Yacht Marina Boom

Untuk rute ini Xpress Air akan terbang dengan pesawat jenis Boeing 737 yang berkapasitas sebanyak 140 seat. Reservasi tiket pesawat sudah bisa di pesan dari travel agent, website resmi Xpresair dan aplikasi tiket online pada tanggal 16 Oktober 2019.

Sementara Manajer Operasi Teknik Angkasa Pura II Banyuwangi, Suparman mengaku akan memberikan support full terhadap maskapai yang membuka rute penerbangan baru, termasuk rute penerbangan Banyuwangi – Yogyakarta PP.

“Salah satu support yang kami berikan ialah menggratiskan landing fee selama setahun,” ungkap Suparman.

Secara terpisah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik dengan rencana pembukaan rute baru di Bandara internasional Banyuwangi.

“Semakin banyak daerah yang membuka penerbangan dari dan ke Banyuwangi akan berdampak terhadap pembangunan dan sektor pariwisata,” ujar Bupati Anas.

Bupati Anas juga berterima kasih kepada Xpress Air yang serius membuka rute-rute baru di Bandara Banyuwangi.

“Kami optimis, dengan dibukanya banyak aksesabilitas akan semakin mempercepat pembangunan dan sektor pariwisata di Banyuwangi,” pungkasnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: