Ramai di Medsos Pinjaman Modal UMKM Gunakan Namanya, Mantan Bupati Banyuwangi Azwar Anas Klarifikasi

  • Bagikan
Tangkap layar klarifikasi Azwar Anas /@azwaranas.a3/instagram.com/. Foto : kabarbesuki.pikiran-rakyat.com

Baru -baru telah ramai perbincangan di jejaring media sosial, Abdullah Azwar Anas menawarkan bantuan subsidi angsuran pinjaman UMKM.

Modus tersebut menggunakan nama akun yang mirip, foto profil dari akun Facebook tersebut menggunakan foto Mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Kendati demikian, Mantan Bupati Banyuwangi yang lebih akrab dipanggil Anas tersebut menyampaikan klarifikasi terkait akun Facebook yang menggunakan namanya dan menawarkan pinjaman bersubsidi untuk UMKM tersebut.

Dengan makin maraknya penipuan mengatasnamakanya dirinya tersebut, anas pun menyampaikan klarifikasi melalui akun Instagram miliknya, bahwa akun tersebut adalah palsu.

“Man-teman semua, mohon diabaikan akun-akun yang mengatasnamakan saya dan menawarkan pinjaman bersubsidi. Itu jelas penipuan. Diabaikan saja,” ujar Anas, yang sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari akun instagram pribadinya @azwaranas.a3.

Diketahui, dari unggahan di akun instagram milik Anas pribadi @azwaranas.a3 ternyata modusnya menawarkan pinjaman kepada UMKM dengan subsidi 50 persen untuk angsuran bulanan dari bantuan pemerintah.

Bahkan si pelaku penipuan dengan menggunakan nama dan foto Anas tersebut, melakukan komunikasi secara personal dengan mengirimkan pesan pribadi melalui Facebook.

Tampaknya pelaku penipuan mengirimkan pesan inbox ke beberapa akun.

Berikut isi narasi salah satu penawaran yang dilakukan si pelaku menghubungi calon korban dengan direct message.

Assalamualaikum wr wb
Minal aidzin wal faidzin
Mohon maaf lahir dan batin

Buat warga yang ingin memajukan usahanya ini ada program bagus dari pemerintah. Bantuan pinjaman modal wirausaha dengan bunga 0% dan biaya subsidi/angsuran 50% perbulan dibantu pemerintah dan program ini ada selama Covid-19.

Terima kasih.
Walaikumsalam wr wb

Tidak hanya itu, dari hasil penelusuran Kabar Besuki, akun palsu tersebut meminta pembayaran kepada korbannya dengan dalih uang administrasi program pinjaman wirausaha bersubsidi itu.

Baca :
Ratusan Armada AMBI Blokir Jalan, Jalur Banyuwangi-Jember Macet

Sedangkan untuk pembayaran angsuran tiap bulannya dilakukan secara transfer ke bank yang dimaksud oleh pelaku penipuan.

Berikut sebagian isi narasinya:
Administrasi dan biaya angsuran tiap bulan ibu tujukan ke

Bank BNI
0906767673
SDR Johan

“Akun media sosial saya cuma ini (di Instagram), dan hanya akan didedikasikan untuk bantu promosi UMKM lewat posting di feed maupun story,” tutur Anas masih di postingan instagram yang sama.

Hal tersebut telah menjelaskan bahwa media sosial yang digunakan Anas hanyalah Instagram dengan satu akun.

Akun media sosial pribadi milik Anas tersebut juga tidak digunakannya menawarkan pinjaman bersubsidi, melainkan mendukung UMKM dengan memposting produk mereka saja.

Beberapa warganet memberi tanggapan dan melaporkan bahwa pernah melihat postingan akun bernama Abdullah Azwar Anas yang ternyata palsu tersebut, menawarkan pinjaman usaha bersubsidi.

“Di FB kapan hari seliweran pak, kami hampir percaya,” tulis @kedaikitabwi.
“Bener kan, Masak Pak Anas gabut add fb guwe, udah pernah komen juga di FB yg mngatasnamakan beliau komen kalau palsu,” tulis @shofiasa.cika.

“Ya pak saya juga di inbox kemarin disuruh share data pribadi tapi aneh saja kok jenengan orang super sibuk bisa inbox saya yang orang biasa saja,” ucap @yoeyoen_marieni.

Ada juga warganet yang tampak lega dan senang atas klarifikasi yang disampaikan oleh Anas tersebut.

“Alhamdulillah, akhirnya mendapatkan kabar ini. Terima kasih,” papar @imelda.agustin81.

Seperti yang diketahui, Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi yang menjabat selama dua periode 2010-2015 dan 2016-2021.

Pada masa jabatannya tersebut, Anas panggilan akrabnya telah sukses membangun pariwisata di Bumi Blambangan dikenal masyarakat hingga mancanegara.***

Sumber : https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/berita/pr-192021626/ramai-di-medsos-pinjaman-modal-umkm-gunakan-namanya-mantan-bupati-banyuwangi-azwar-anas-klarifikasi

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: