Banyuwangi Miliki Empat Jenis Penyu

0
160

banyuwangimilikiMENGAPA kita perlu peduli terhadap penyu? Rasanya juga tidak berlebihan untuk menyikapi pertanyaan tersebut. Sebab, enam dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia ini ternyata juga hidup diindonesia. Bahkan, dari enam jenis penyu yang ada di Indonesia tersebut, empat jenis penyu hidup di Bumi Blambangan. Yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan penyu belimbing. Yang tidak ada di Banyuwangi adalah penyu pipih dan penyu tempayan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selain itu, penyu mempunyai peran yang penting dalam ekosistem perairan laut. Karena mampu mengendalikan populasi ubur-ubur yang memakan bibit-bibit ikan. Keberadaan penyu juga memelihara padang lamun tempat berlindung ikan dan biota laut lahuiya. Namun sayang, dalam tempo 20 tahun terakhir, populasi penyu ini menurun drastis dan bisa nyaris punah. Selain karena polusi laut, juga karena banyaknya manusia yang memburu telur penyu untuk dikonsumsi.

“Ya, musuh utama penyu ini sendiri sebenarnya manusia,” terang Wiwit melalui UU No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, pemerintah Indonesia telah menyatakan bahwa penyu merupakan satwa liar yang dilindungi. Menyadari kelestarian penyu semakin terancam, karena perdagangan telur penyu khususnya di Banyuwangi marak terjadi. Wiwit yang juga pendiri Banyuwangi Sea Turtie Foundation (BSTF) merasa perlu ikut andil melestarikan kura-kura laut tersebut.

Tidak hanya sekedar teori dan gembor- gembor semata. Tapi juga memberikan contoh nyata kepada masyarakat. “Kita mengajak para nelayan dan warga pesisir untuk bekerja sama. Kita beri pengarahan bahwa penyu itu akan punah, dan apabila menemukan penyu bertelur agar masyarakat juga ikut membantu memindahkan telur tersebut ke tempat penetasan semi alami BSTF di Pantai Boom. Saya bersama para relawan dan penasihat BSTF Ir Kuswaya sering terjun langsung untuk membantu masyarakat memindahkan telur penyu tersebut ke tempat pemerasan,” jelasnya. (radar)

Loading...