Berkah Ramadan, Omzet Naik 100%

0
190

ROGOJAMPI – Para perajin anyaman bambu di Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi, semringah. Betapa tidak, omzet penjualan kerajinan selama Ramadan dan menjelang Lebaran mengaami peningkatan pesat. Bayangkan, permintaan barang naik lebih dari 100 persen bila dibanding tahun-tahun sebelumnya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Misalnya, omzet tahun lalu hanya mentok di kisaran angka Rp 6 juta. tahun ni mencapai Rp 18 juta hingga Rp 25 juta per bulan. Bahkan, banyaknya order baik dari okal maupun luar kota sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu sebelum puasa. Menilik terus meningkatnya permintaan, bukan tidak mu- ngkin menjelang Lebaran kali ni bisa mengalami peningkatan yang cukup fantastis.

‘’Sudah dua bulan ini omzet terus naik. Saya prediksi selama bulan puasa ini tambah ramai,’’ ujar Untung Hermawan, salah satu perajin, di rumahnya di Dusun Krajan kemarin. Meski omzet semakin meningkat, lanjut dia, namun proses pembuatan kerajinan bukan anpa hambatan. Salah satunya adalah kurangnya tenaga kerja. Selain itu, dirinya sangat membutuhkan pengirat bambu.

Loading...

’’Alat tu sangat kami butuhkan. Tapi harganya mahal. Kita masih belum mampu beli,’’ katanya. Dia menjelaskan, sebagian para perajin berhenti kerja lantaran berpikir kesejahteraan tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Pada- hal, setelah digeluti secara bertahap, asumsi itu meleset. ’Memang, para perajin me- milih kerja yang lain. Tapi sekarang juga ada yang balik agi karena banyaknya order,’’ ujar bapak beranak tiga itu.

Saat ini, sudah ada beberapa home industry di Desa Ginangan. Kesemuanya fokus pada kerajinan anyaman bambu. Beberapa industri rumahan tersebut mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar. Hasil kerajinan itu, imbuh dia, selain untuk memenuhi permintaan lokal, pihaknya juga memasok pesanan dari luar kota.

‘’Mulai dulu kita sudah pasok mulai dari Bali, dan sejumlah kota besar yang ada di Jawa,’’ jelas suami Heni Widayati, 38, itu. Dia menerangkan, dari sekian banyak order, yang paling banyak diburu adalah keranjang parcel dan songkok. Mengingat, barang tersebut cocok pada momen Lebaran bersama keluarga. ’’Untuk songkok, permintaan dari tempat Wisata Religi seperti Sunan Ampel, Surabaya sangat tinggi. Kita kewalahan untuk memenuhi orderan,’’ pungkasnya. (radar)

Loading...