Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Budaya  

Besok, Arak-arakan Endhog-endhogan

besokBANYUWANGI—Arak-arakan Endhog-endhogan akan digelar Kamis (30/1) besok. Ribuan peserta bakal terlibat dalam even akbar memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW ini. Para peserta tersebut berasal dari sekolah yang tergabung dalam beberapa gugus. Ada pula dari sanggar dan pemusik. Tema yang akan diusung dalam acara ini, di antaranya, masuknya Islam ke Bumi Nusantara.

Di mana para wali tersebut dakwah melalui perdagangan dan pengobatan. Tema kedua adalah masuknya Islam di Bumi Blambangan dengan hadirnya Syekh Maulana Ishak dan Istana Blambangan dengan rajanya Menak Dedali Putih/Menak Sembuyu. Tema ketiga adalah awal endhog-endhogan yang digelar oleh KH Abdullah Faqih beserta santri dan masyarakat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Mohammad Yanuarto Bramuda mengatakan, untuk tahun 2014 ini tema untuk peringatan maulid ini adalah Arak-arakan Endhog-endhogan. Rencananya, acara tersebut dimulai pukul 07.30. Start pemberangkatan dari di depan Kantor Pemkab Banyuwangi menuju Jalan A Yani terus ke Jalan PB Sudirman, Jalan Susuit Tubun, dan fi nish di Gesibu Blambangan.

“Yang jelas acara ini dikemas berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga jangan dilewatkan pawai ini,” jelas Bramuda. Bramuda menambahkan, festival ini menjadi salah satu bentuk wisata budaya bagi Banyuwangi. Mengingat tidak semua daerah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mengadakan acara endhog-endhogan. Dan ini menjadi salah satu even yang unik dari Banyuwangi. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE