Bhayangkari Jawa Timur Lepas Tukik

0
232

bhayangkariBANYUWANGI – Kesan mendalam diperoleh Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Timur Yuni Unggung Cahyono dalam kunjungan kerjanya ke Banyuwangi kemarin (26/8). Istri Kapolda Jawa Ti mur Irjen Pol Unggung Cahyono tersebut menaruh apresiasi besar terhadap pelestarian satwa lindung, penyu, di Bumi Blambangan. Di sela-sela kunjungan, rombongan pengurus Bhayangkari ikut melepasliarkan 50 ekor tukik (anak penyu) di Pantai Boom pagi kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Wah, tukik yang kecil saja berani menghadapi tantangan besar di alam. Masak kita kalah dengan tukik? Kita mesti bisa dan berani menghadapi setiap permasalahan yang muncul,” ujar Yuni Unggung usai melepas tukik di Pantai Boom kemarin. Dalam acara tersebut, sejumlah pengurus Bhayangkari tampak hadir dalam kegiatan itu. Hadir pula Ketua Bhayangkari Banyuwangi Anna Tri Bisono dan pengurus lain. 

Secara simbolis, mereka turut serta dalam kegiatan konservasi alam yang dimotori Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) dan Jawa Pos Radar Banyuwangi tersebut.Dalam kesempatan itu, Yuni Unggung Cahyono juga memberikan donasi untuk pelestarian penyu kepada BSTF. Secara simbolis, donasi itu diterima langsung Wiyanto Haditanojo sebagai pendiri BSTF. Penyerahan donasi itu disaksikan Kapolres AKBP Tri Bisono Soemiharso dan Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi Samsudin Adlawi.

Dalam acara tersebut, Penasihat BSTF Ir. Kuswaya memberikan banyak pemahaman dan pengetahuan seputar penyu.
“Penyu ini binatang yang ramah dan bersahabat. Dari enam jenis penyu yang ada di dunia empat di antaranya ada di Indonesia. Di sini jenisnya penyu abuabu atau penyu lekang. Setelah dilepas, dia akan kembali lagi bertelur di sini sekitar 15 hingga 20 tahun mendatang. Sekali bertelur, seekor penyu bisa bertelur sampai 70 hingga 140 butir,” bebernya. 

Sementara itu, pelestarian penyu yang dilakukan BSTF didukung Jawa Pos Radar Banyuwangi itu juga menarik perhatian Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur. Kepala BBKSDA Jatim Ir. Suyatno Sukandar bersama rombongan juga berkunjung ke Pantai Boom sore kemarin. Hadir pula Kepala Bidang KSDA wilayah III Jatim di Jember, Ir. Sunandar Trigunajasa, dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi, Ir. Pudjiadi. Mereka melihat langsung kegiatan penyelamatan penyu yang dilakukan para relawan BSTF di Banyuwangi. Selain itu, BBKSDA Jatim juga menyempatkan diri melepas puluhan tukik di Pantai Boom sore kemarin. (radar)

Loading...