Bupati Anas Jadi Penceramah Peserta Diklat Pim II Angkatan XXIX

0
174

dimintaDiminta Beberkan Resep Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SURABAYA – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwas Anas, kemarin (18/3) didaulat menjadi penceramah kegiatan Diklat Pim II angkatan XXIX Pemprov Jatim. Kegiatan ceramah di depan pejabat eselon II itu merupakan kesempatan langka bagi bupati/wali kota di Indonesia. Selama ini, narasumber kegiatan Diklat Pim II hanya disampaikan menteri, wakil menteri, gubernur dan pejabat eselon I di kementerian negara.

Diklat Pim II angkatan XXIX yang berlangsung di Gedung Sasana Wiyata Praja Badiklat Jatim itu di ikuti sekitar 116 peserta sejumlah provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari pejabat eselon II di delapan provinsi di Indonesia. Pada kesempatan itu, Bupati Anas menyampaikan tema ceramah “Upaya meningkatkan kinerja pembangunan daerah”.

Dalam paparannya, Bupati Anas menyampaikan enam poin penting dalam meningkatkan kinerja pembangunan daerah. Pertama, strategi leadership, kedua peningkatan kesejahteraan rakyat, ketiga upaya dan kinerja makro ekonomi, keempat menjaga kondusivitas wilayah. Poin kelima yang disampaikan Bupati Anas adalah pembangunan pariwisata berbasis alam dan kekayaan budaya.

Poin terakhir yang disampaikan adalah, preview potensi wisata alam dan budaya. Dalam kesempatan itu, Bupati Anas juga menyampaikan program percepatan reformasi birokrasi yang dilakukan Pemkab Banyuwangi. Ada lima program pengembangan sistem elektronik pemerintahan (e- Government untuk mendukung percepatan reformasi birokrasi. Enam program itu adalah e-office, eplanning, e-budgetting, e-procurement, eperformance dan e-audit.

“ Tiga dari program itu sudah lama berjalan lama, dan tiga lainnya sedang berjalan,” ungkap Bupati Anas. Selain itu, Bupati Anas pada kesempatan itu menyampaikan progres pembangunan yang telah dilakukan Banyuwangi dalam kurun waktu tiga tahun berjalan. Paparan yang disampaikan mantan anggota DPR RI itu, mendapat respons cukup besar dari peserta Diklat Pim. Usia menyampaikan paparan, Bupati Anas membuka sesi dialog dengan peserta.

Dalam sisi dialog itu, peserta memanfaatkan kesempatan itu untuk bertanya langsung tentang resep Bupati Anas meningkatkan kinerja pembangunan Banyuwangi. “Pertumbuhan ekonomi Banyuwangi melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Apa resepnya Pak bupati”, tanya peserta lain dari Jawa Barat. Dalam beberapa tahun ini, kinerja pembangunan Banyuwangi cukup moncer. Karena itu, Bupati Anas dituntut untuk membeberkan kisah sukses Banyuwangi meningkatkan kinerja pembangunannya.

“Berdasarkan data yang kita dapat, Banyuwangi bangkit sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jatim,” tutur salah seorang peserta dari Kalimantan. Pertumbuhan ekonomi Banyuwangi tumbuh bagitu pesat meninggalkan daerahdaerah lain. Para peserta Diklat Pim mengaku cukup penasaran dengan pertumbuhan ekonomi Banyuwangi.

Dalam waktu dekat, sebagian peserta diklat akan berkunjung ke Banyuwangi untuk melihat langsung program inovasi yang telah dilakukan pemerintah daerah. “Mereka tahu perkembangan Banyuwangi dari media massa. Mereka akan Banyuwangi untuk melihat langsung,” ujar Kepala BKD Sih Wahyudi, yang ikut mendampingi Bupati Anas dalam acara Diklat Pim II kemarin. (radar)

Loading...